Pengertian Kolam Engkol Mesin ( Crankcase )

BACA:

Bak engkol mesin (crankcase)

      Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit adonan logam.  Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di pecahan dalamnya, yaitu komponen:

  • Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor 
  • Pompa oli
  • Kopling
  • Poros engkol dan alas peluru
  • Gigi persneling atau gigi transmisi 
  • Sebagai penampung oli pelumas 
  Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan pecahan yang ditautkan pada rangka sepeda motor.

Poros Engkol (crankshaft)

       Fungsi poros engkol yaitu mengubah gerakan piston menjadi gerakan putar (mesin) dan meneruskan gaya kopel (momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga hingga ke roda. 

Beban yang bekerja pada poros engkol adalah: 
  • Beban puntir (torsi)
  • Beban lengkung (bengkok)
  • Beban sentrifuga

             Poros engkol umumnya ditahan dengan alas luncur yang ditetapkan pada ruang engkol. Bantalan poros engkol biasa disebut alas utama.

Jenis poros engkol yang dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah: 
  1. Jenis built up dipakai pada motor jenis kecil yang memiliki jumlah silinder satu atau dua
  2. Jenis ”one piece”, dipakai pada motor jenis besar yang memiliki jumlah silinder banyak.  
         Untuk motor satu silinder pada poros engkolnya (biasanya dihadapan pena engkol) ditempatkan bobot kontra sebagai pengimbangan putaran engkol sewaktu piston menerima tekanan kerja. Tetapi motor yang bersilinder banyak, pena engkolnya dipasang saling mengimbangi. Berat bobot kontra kira-kira sama dengan berat batang piston di tambah dengan berat engkol seluruhnya. Dengan demikian poros engkol itu sanggup diseimbangkan, sehingga sanggup  berputar lebih rata dan getaran-getaran engkol menjadi hilang. Dengan adanya bobot kontra ini mengakibatkan tekanan pada alas menjadi berkurang dan merata.
         Poros engkol dan batang penggagas yaitu untuk merobah gerak translasi piston menjadi gerak putar. Kedua pecahan ini selalu menderita tegangan dan regangan yang sangat besar. Karena itu harus dibentuk dari materi yang khusus dan ukuran yang tepat. Dalam keadaan membisu dan berputar poros engkol selalu setimbang (balance). Bagian permukaan alas dikeraskan dan harus licin untuk mengurangi keausan. 

         Poros engkol berputar dengan didukung oleh beberapa buah alas utama. Banyaknya alas  tergantung dari jumlah silinder. Motor empat silinder memiliki 3 alas dan motor enam silinder memiliki 4 alas utama. Bantalan ini dibentuk dari baja yang dicampur dengan babbit atau ada juga dengan aluminium. 
       Batang penggagas dan poros engkol dibentuk dari besi tuang. Pemasangan batang penggagas pada poros engkol dilapisi dengan menggunakan bantalan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kolam Engkol Mesin ( Crankcase )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel