Jangka Waktu Perawatan Kendaraan Bermotor

Jangka Waktu Servis - Perawatan Kendaraan

Untuk menjaga kondisi dari kendaraan, kita perlu secara terpola merawatnya. Perawatan atau servis tentu saja tidak dilakukan satu tahun sekali, setiap kendaraan niscaya punya jangka waktu tersendiri tergantung dari tipenya.

Perhatikan spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini sanggup diketahui dari Buku Manual / Perhatian atau isu lewat komputer yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan, yang berisi Perhatian cara mempersiapkan, memakai dan merawat kendaraan.

secara umum, kendaraan akan diservis menurut beberapa persyaratan berikut:

Berdasarkan Operasional Kendaraan yg Normal

Servis Kecil

Servis ini dilakukan sesudah kendaraan menmpuh jarak antara 5000 - 10000 km

Servis Besar

Dilakukan sesudah kendaraan menempuh jarak perjalanan sejauh 10000 - 20000 km atau minimal sekali pertahun

Berdasarkan Penggunaan yg Berat - Khusus

Jika kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat,misalnya pada tempat yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, tempat pegunungan atau pantai laut, maka jangka waktu pemeliharaan/perawatan/servis terpola menjadi lebih pendek dibandingkan dengan pemeliharaan/perawatan/servis terpola kendaraan yang dioperasikan dalam kondisi normal. Sebagai pola pada kendaraan yang dioperasikan pada tempat yang berdebu, saringan udara perlu dibersihkan lebih sering. Juga apabila kendaraan sering berjalan pada yang jalan jelek, komponen casis kendaraan harus dirawat dan diperiksa lebih sering. Demikian juga setelah kendaraan melintasi / menyelam dalam air, casis kendaraan dan alas roda harus dilumasi lagi dengan pelumas / vet yang baru, alasannya yakni air sanggup masuk pada tempat-tempat yang dilumasi dengan vet.

 Perawatan atau servis tentu saja tidak dilakukan satu tahun sekali Jangka Waktu Perawatan Kendaraan Bermotor


Belum ada Komentar untuk "Jangka Waktu Perawatan Kendaraan Bermotor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel