Dasar Pemeliharaan - Perawatan Kendaraan Bermotor

Konsep Pemeliharaan - Perawatan - Servis Kendaraan

Di dalam masyarakat, terdapat aneka macam bengkel yang dikenal sebagai Bengkel Servis Kendaraan, Bengkel Pemeliharaan Kendaraan, Bengkel Perawatan Kendaraan, Bengkel Perawatan dan Perbaikan Kendaraan, Bengkel Reparasi Kendaraan, Bengkel Spooring dan Balans, Bengkel AC Mobil, Bengkel Reparasi Bodi dan Cat Kendaraan, Bengkel Karoseri Kendaraan dan sebagainya. Apakah yang membedakan dari aneka macam bengkel tersebut ?

Kendaraan gres dalam kondisi siap dimiliki dan dipakai oleh masyarakat, sanggup dibeli di toko penjual kendaraan. Kendaraan yang siap dijual ke masyarakat, sebelumnya telah mengalami proses pembuatan atau produksi di pabrik pembuat kendaraan. Pembeli selain memperoleh kendaraan gres yang siap dipakai juga mendapat buku fatwa bagi pemilik yang isinya memuat cara memakai kendaraan dan Perhatian perihal kapan pemilik harus membawa kendaraannya ke bengkel kendaraan untuk dirawat. Demikian juga bengkel kendaraan untuk sanggup merawat kendaraan dengan benar, telah memperoleh Perhatian teknis atau contoh pekerjaan diantaranya melalui buku fatwa merawat kendaraan yang telah disusun dan diterbitkan oleh pabrik pembuat kendaraan.

Kegunaan kendaraan secara umum yakni untuk mengangkut orang atau barang dari suatu kawasan ke kawasan lain. Kendaraan yang terdiri atas ribuan komponen dalam operasi atau bekerjanya mendapat aneka macam beban gesekan, tekanan, benturan, pukulan, puntiran, gaya tekan-tarik-tekuk, beban panas, beban kimia dan sebagainya. Semakin usang dipakai komponen kendaraan niscaya akan semakin aus, semakin longgar, semakin lemah, atau semakin menyimpang kepresisiannya dari kondisi semula yang baik dan standar. Oleh sebab itu, dengan memperhatikan hal tersebut diatas, agar kendaraan selalu dalam kondisi standar sehingga selalu siap dipakai dengan efisien, ekonomis, kondusif dan nyaman, maka kendaraan harus mendapat perawatan dan perbaikan kerusakan atau mendapat pemeliharaan secara teratur di bengkel kendaraan.

Kaprikornus bengkel kendaraan dengan aneka macam nama yang ada di masyarakat, aktivitas utama yang dilakukan yakni merawat dan memperbaiki atau melaksanakan pemeliharaan kendaraan. Terdapat bengkel umum yaitu bengkel yang mengerjakan semua kerusakan pada semua komponen atau sistem pada kendaraan dan terdapat bengkel khusus atau spesialis, yang hanya mengerjakan pemeliharaan untuk satu atau beberapa komponen atau sistem yang ada pada kendaraan. Khusus untuk Bengkel Karoseri Kendaraan bahu-membahu secara fungsi merupakan belahan dari pabrik yang melaksanakan sebagian aktivitas dalam membuat atau memproduksi kendaraan. Terdapat pabrik kendaraan yang memproduksi kendaraan secara utuh semuanya, sehingga kendaraan yang diproduksi eksklusif sanggup dipakai oleh masyarakat contohnya jenis sedan, jeep dan kendaraan niaga kecil, dan terdapat pabrik yang memproduksi kendaraan tidak hingga tuntas, contohnya sebagian jenis kendaraan niaga kecil dan bus, dimana penyelesaian pekerjaan untuk membangun bodinya harus dikerjakan secara khusus oleh bengkel karoseri kendaraan.

Pemeliharaan (Maintenance) yakni suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya hingga suatu kondisi yang sanggup diterima. Yang dimaksud dengan pemeliharaan disini mencakup perawatan dan perbaikan.

Pemeliharaan terdiri dari 2 macam, yaitu :

  • Perawatan terencana atau perawatan bersiklus dan
  • Perawatan tak terencana atau perbaikan jikalau terjadi kerusakan sewaktu-waktu.
Perawatan terencana atau perawatan bersiklus atau servis dikerjakan atas dasar sejauhmana atau berapa usang kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), meskipun dalam aktivitas ini bahu-membahu juga kadang kala terjadi sedikit aktivitas perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana disebut dengan perbaikan atau reparasi, yaitu jikalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan diluar jadwal perawatan berkala. Di masyarakat pemeliharaan bersiklus mesin kendaraan dalam interval sekitar 10.000 km (servis besar) disebut Tune-Up mesin kendaraan.

Belum ada Komentar untuk "Dasar Pemeliharaan - Perawatan Kendaraan Bermotor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel