6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja

Ponsel pintar - Tidak ada orang yang berharap ponsel miliknya tercebur ke dalam air. Musibah sanggup saja terjadi dikala kau sedang buru-buru pergi ke toilet. Smartphone yang terlepas dari tangan atau saku baju sehingga jatuh ke dalam kolam mandi. Jika insiden ini kau alami, segera ambil kembali hapemu dan lepas baterai di dalamnya.


 Tidak ada orang yang berharap ponsel miliknya tercebur ke dalam air 6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja
Cara mengatasi HP terkena air dengan melepas baterai merupakan tindakan sempurna untuk mencegah ponsel mengalami kerusakan yang parah. Selanjutkan kita akan memperbaiki ponsel tersebut dengan servis ringan.

Ponsel pintar sudah dibekali dengan sistem proteksi, dimana perubahan pedoman daya secara tiba-tiba akan menimbulkan ponsel padam secara otomatis. Jadi, jangan panik ketika smartphone kau tidak menyala sehabis berair oleh air.

Cara servis hape yang terendam air sanggup kau lakukan sendiri di rumah. Meskipun kau tidak mengerti perihal metode checksum ic flash maupun eprom yang ribet. Untuk memperbaiki ponselmu sehingga normal kembali, ikuti panduan gampang di bawah ini.


6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja


Adanya IC-Power yang tertanam dalam smartphone mencegah kerusakan fatal dikala ponsel berair oleh air. Dengan cepat melepas baterai, HP punya peluang untuk diselamatkan. Namun ponsel yang terendam air dalam waktu usang akan berakibat baterai menjadi kembung, alasannya arus listrik terbendung dalam microchip. Mungkin juga power-ic dan ic-flash menjadi rusak, bila baterai punya kualitas yang bagus.

Nah, berikut ini yakni tutorial mengatasi HP terkena air. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Keluarkan baterai di dalamnya

Untuk mencegah tumpukan daya listrik dalam micro-chip, segera lepas baterai ponsel. Lakukan dengan cepat, bila tidak ingin kerusakan ponsel makin parah.

2. Selamatkan LCD

LCD yang berair oleh air dalam waktu usang akan menjadikan bercak hitam di layar ponsel. Buka sekrup dengan obeng khusus, lepaskan PCB dari casing dengan hati-hati. Guyur PCB dengan thinner impala atau cairan sejenis. Langkah ini mempunyai kegunaan untuk mencegah karatan (korosi).


 Tidak ada orang yang berharap ponsel miliknya tercebur ke dalam air 6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja
Selanjutnya hidupkan blower dengan suhu sedang, biarkan angin menerpa komponen ponsel pada jarak sejengkal. Tunggu selama beberapa menit. Sebagian orang melaksanakan proses pengeringan dengan menimbun dalam tumpukan beras kering. Cukup masuk akal, alasannya beras merupakan elektrostatis yang bagus, yang sanggup menyerap kelembaban.



3. Jemur baterai

Taruh baterai ponsel yang sudah dilepas di bawah sinar matahari selama sejam. Jangan jemur baterai terlalu lama, alasannya polaritas cell akan berkurang.

4. Copot SIM Card dan memori eksternal

Cabut Micro Sd dan SIM card dari masing-masing slot. Panaskan dengan menaruhnya di bawah sinar matahari sampai kering, jangan kelamaan.

5. Hidupkan ponsel

Pasang kembali spare part ke tempatnya. Untuk chasing sanggup kau pasang nanti saja. Coba nyalakan hapemu, tanpa chasing. Jika ponsel bekerja dengan normal, silahkan pasang chasing. Jika tidak hidup, bawa smartphone ke tukang service hape.

6. Checksum ic flash

Untuk profesional, perbaikan ponsel yang rusak tanggapan terendam air sanggup dilakukan dengan membaca log hexadeximal dan checksum ic flash. Metode ini dilakukan dengan cek 1st boot dan 2th-boot. Selanjutnya harus dilakukan backup data ibarat super user area, eeprom, gdfs zone, dan uem. Terakhir yakni repair firmware atau dengan melaksanakan flash. Tapi cara ini tidak ditujukan bagi kau yang belum memahami teknik ini.

Mungkin itu saja tutorial mengatasi HP yang terendam air tanpa sengaja. Semoga kau berhasil untuk menyalakan ponsel dengan normal. Tahukah kamu: Cara Upgrade Android Tanpa Komputer Dengan Mudah

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel