11 Cara Menghemat Kuota Internet Di Ponsel Android

Setiap pengguna android pastinya tidak ingin kehabisan kuota internet, alasannya yaitu tanpanya apalah arti smartphone sebagus apapun. Benar, bukan? Dengan koneksi internet pada ponsel pintar, kau sanggup susukan banyak sekali isu penting yang disajikan oleh media online. Paling penting, kuota internet berkhasiat untuk berinteraksi lewat BBM, whatsapp, line, facebook, dan aplikasi chatting lainnya.

Setiap pengguna android pastinya tidak ingin  11 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android
Masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna android yaitu kuota internet cepat habis. Padahal kita merasa jarang browsing atau mengunduh file-file berukuran besar.

Tentunya situasi ini bikin kau merasa sebel dan kesal. Jadi, pertanyaannya yaitu bagaimana cara menghemat kuota internet? Tenang saja, pada kesempatan ini saya akan bagikan tips semoga kuota data tidak boros


11 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android


Selain main game online dan streaming video yang menghabiskan kuota data dalam jumlah besar, ada beberapa tips untuk menghemat kuota internet menyerupai berikut ini:

1. Aktifkan notifikasi dari aplikasi yang sering dipakai saja

Dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang jarang digunakan, akan meminimalisir penggunaan kuota internet. Aktifkan notifikasi pada aplikasi yang penting saja. Caranya, pergi ke hidangan pengaturan (setting) - kelola aplikasi (Manager Apps) - hilangkan tanda centang pada aplikasi yang akan dibentuk menjadi non aktif.

2. Gunakan satu aplikasi chatting

Mungkin kalau hanya satu aplikasi chatting, kurang seru. Tapi perlu kau ketahui bahwa pemasangan banyak aplikasi chatting tentu akan menyedot kuota data di android. Apakah kau sudah pasang BBM di smartphone? Jika iya, kenapa harus memasang Whatsapp, Line, dan lainnya? Padahal fitur di dalamnya tidak jauh berbeda, bukan? Tapi terserah kamu, kalau tetap ingin memasangnya.

3. Aktifkan data saver pada Google Chrome untuk browsing

Untuk menghemat pemakaian kuota internet pada android, kau sanggup memanfaatkan fitur data saver yang terdapat pada Google Chrome. Selain browsing lebih cepat, dengan fitur ini sanggup menghemat penggunaan kuota data sampai 50 persen. Caranya, buka hidangan setting - pilih data saver - kemudian On.

4. Pilih browser yang ekonomis data

Bagi kau yang selalu browsing di internet setiap saat, gunakan peramban yang dilengkapi dengan kompres data. Chrome memang peramban yang kaya fitur, tapi cobalah memakai Opera mini untuk lebih menghemat pemakaian kuota data.

5. Buat sinkronisasi menjadi tidak aktif

Berbagai layanan Google selalu meminta untuk melaksanakan sinkronisasi akun pengguna. Kamu sanggup mematikan sync layanan yang jarang digunakan, untuk menghemat kuota internet di ponsel pintar.

Non aktifkan juga sinkronisasi pada akun selain Google, kalau kau tidak terlalu membutuhkannya. Langkahnya, buka hidangan setting - account - kemudian pilih akun yang akan dibentuk sinkronisasi tidak aktif. Setting ini akan mencegah aplikasi terhubung ke jaringan internet secara otomatis.

6. Batasi pemakaian data

Seringkali acara memakai smartphone yang tersambung ke jaringan internet dilakukan dalam durasi lama. Kadang kau terlalu asyik browsing atau chatting tanpa ingat waktu. Tiba-tiba kuota data habis, padahal gres saja dibeli.

Untuk membatasi penggunaan kuota internet, silahkan buka pengaturan (Setting) - penggunaan data (Data usage) - data seluler (Celular data) - atur data limit untuk memperlihatkan batas kuota yang sanggup digunakan.

7. Turunkan kualitas streaming

Jika kau sering memakai layanan streaming musik dan video menyerupai Netflix maupun Spotify, sebaiknya kurangi kualitas streaming semoga kuota internet tidak cepat habis.

8. Batasi Background Data

Fitur Restrict Background Data pada ponsel android berkhasiat untuk mencegah aplikasi di latar belakang menyedot kuota internet. Caranya, silahkan menuju hidangan Settings - Data Usage - sentuh pada tiga garis vertikal di pojok kanan paling atas - centang pada Restrict background data - Ok.

Pada hidangan ini, kau sanggup melihat grafik yang memperlihatkan penggunaan data internet pada ponselmu pada rentang waktu tertentu. Di situ terdapat rincian pemakaian data oleh aplikasi di android.

9. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan

Periksa aplikasi yang boros kuota. Caranya, masuk ke hidangan setting - penggunaan data - kemudian lihat pada grafik, aplikasi manakah yang boros kuota data. Uninstall saja aplikasi tersebut, kalau kau rasa tidak terlalu sering dalam menggunakannya.

10. Matikan Auto-Update pada Playstore

Fitur auto update secara default diatur dalam posisi aktif. Hal ini dipakai oleh Playstore untuk pembaruan versi game atau aplikasi yang terpasang di ponselmu. Untuk mematikan fitur ini, silahkan baca artikel sebelumnya: Cara Mematikan Auto Update Pada Android.

11. Matikan data seluler ketika tidur

Penggunaan kuota internet lebih ekonomis dengan mematikan data seluler menjelang tidur malam. Cara ini bisa menghemat kuota data sampai 20 persen. Caranya dengan buka opsi setting - penggunaan data - hapus centang pada data seluler. Kamu sanggup aktifkan kembali data seluler pada esok harinya.

Mungkin itu saja, 11 cara menghemat kuota internet pada android semoga tidak cepat habis. Bagikan artikel ini, semoga temanmu juga tidak boros dalam memakai kuota internet di ponselnya. Pelajari juga: 3 Cara Jitu Mengatasi BBM Pending Atau Jam Pasir

Belum ada Komentar untuk "11 Cara Menghemat Kuota Internet Di Ponsel Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel