Ciri-Ciri Orang Yang Terjangkit “Penyakit” Kecanduan Ponsel

 orang gelisah jikalau sehari tidak pegang ponsel itu sudah  biasa Ciri-Ciri Orang Yang Terserang “Penyakit” Kecanduan Ponsel
Zaman sekarang, orang gelisah jikalau sehari tidak pegang ponsel itu sudah biasa. Namun bila sudah menampakkan tanda-tanda menyerupai ini, maka kecanduan ponsel sudah dapat dikategorikan gangguan mental menyerupai halnya orang takut ketinggian.
Seperti yang dikutip iniunik.web.id, sebutan bagi orang-orang yang mengalami gangguan mental berupa takut berpisah dengan ponsel yakni nomofobia. Saat tidak memegang ponsel, ciri-ciri orang yang mengalami gangguan tersebut yakni sebagai berikut :

1. Serangan panik
2. Pusing, kepala berputar-putar
3. Sesak napas
4. Mual
5. Keringat dingin
6. Denyut jantung meningkat
7. Gemetar
8. Nyeri dada

Perasaan gelisah pada pengidap nomofobia tidak hanya dialami ketika benar-benar berpisah dari ponselnya, tetapi juga ketika berada di lokasi yang tidak ada sinyal. Kehabisan baterai dan lupa bawa charger atau berada di lokasi yang mengharuskan ponsel untuk dimatikan juga dapat memicu serangan panik.
Ciri lain yang dapat diamati dari pengidap nomofobia yakni kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel, padahal belum tentu ada panggilan atau pesan masuk. Begitu juga apabila dalam beberapa waktu ponselnya tidak berbunyi, pengidap nomofobia niscaya akan menjadi panik dan gelisah.
Meski kelihatannya berlebihan, gangguan mental menyerupai ini bahwasanya bukan sesuatu yang langka. Sebuah penelitian membuktikan, 66 persen dari 1.000 responden yang di survei menunjukkan gejala-gejala yang dikategorikan sebagai sikap nomofobia.
Berdasarkan usianya, nomofobia lebih banyak menyerang kaum muda dibandingkan orang dewasa. Gangguan ini dialami oleh 77 persen responden dari kelompok umur 18-24 tahun, sedangkan pada kelompok umur 25-34 tahun angkanya hanya sekitar 64 persen.
Nomofobia juga lebih banyak dialami oleh wanita dibanding laki-laki. Menariknya lagi, 41 persen pengidap nomofobia dihantui perasaat takut kalau sewaktu-waktu isi ponsel khususnya kotak pesannya diintip dan dibaca-baca oleh orang lain tanpa izin.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Orang Yang Terjangkit “Penyakit” Kecanduan Ponsel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel