Astronom Temukan Galaksi Terjauh: 13,1 Miliar Tahun Cahaya

Tim astronom menemukan sebuah galaksi terjauh dari sistem tata surya  dalam ukuran jarak d Astronom Temukan Galaksi Terjauh: 13,1 Miliar Tahun Cahaya
Tim astronom menemukan sebuah galaksi terjauh dari sistem tata surya dalam ukuran jarak dan waktu. Ini merupakan satu dari banyak galaksi generasi pertama dari 13,1 miliar tahun lalu.
Peneliti dari Universitas Yale dan California Santa Cruz memakai tiga teleskop berbeda untuk mendeteksi dan mengkalkulasi umur dari galaksi yang terlihat buram itu. Dengan mengukur bagaimana cahayanya berubah, mereka memilih galaksi berjulukan EGZ-zs8-1 itu, terbentuk sekitar 670 juta tahun sesudah Big Bang.
Big Bang yaitu teori dimana alam semesta tercipta sesudah terjadinya ledakan besar.
Galaksi ini, yang dilihat dengan memakai teleskop tercanggih terkini, diperkirakan gres berumur 100 juta tahun.
“Kami menyerupai melihat balita yang sedang bertumbuh kembang,” ucap Garth Illingworth dari Universitas of California Santa Cruz, menyerupai yang dikutip metrotvnews.com dari Associated Press.
Menurut Illingworth, galaksi ini “melahirkan” bermacam-macam bintang 80 kali lebih cepat dari Bimasakti (Milky Way). “Bintang-bintang ini tidak menyerupai Matahari milik kita, sebab terlihat jauh lebih biru,” tutur dia.
Astronom Yale Pascal Oesch memakai Teleskop Hubble pada 2013 dikala dirinya melihat sebuah objek menyala. Ia memakai teleskop Spitzer untuk melihatnya kembali.
Pekerjaan tersulit yaitu mengonfirmasi usia dan jaraknya dengan teleskop di akomodasi Keck Observatory di Hawaii yang bisa memisahkan gelombang cahaya.

Belum ada Komentar untuk "Astronom Temukan Galaksi Terjauh: 13,1 Miliar Tahun Cahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel