Tips Sebelum Membeli Tablet

Tablet semakin hari semakin terkenal sejak diperkenalkan. Kebutuhan akan perangkat komputasi portabel yang lebih simpel, namun tidak meninggalkan kecanggihannya mungkin yang menjadi pertimbangan. Ada banyak sekali pemain tablet dipasaran, mereka memperlihatkan banyak sekali ukuran tampilan, dimensi, spesifikasi, fitur sampai operating sistem. Salah satu operating system yang paling terkenal dan paling banyak diaplikasikan vendor ponsel ialah OS Android. Baca juga: Tips menentukan tablet Android

Harga yang ditawarkan masing masin produsen tablet pun sangat bervariasi, dari mulai harga tablet dibawah 1 juta rupiah sampai diatas jutaan rupiah. Tentu hal ini akan menciptakan kita semakin bingung, tablet mana ini yang paling cocok buat kita?,, yang harganya mahal diatas jutaan atau yang dibawah jutaan?,, Memang para produsen sudah membagi pembagian terstruktur mengenai harga dengan sebutan kelas, yaitu low, midle dan high end.

Berikut beberapa poin penting sebelum membeli tablet , biar mendapakan tablet yang tepat:


Perhatikan spesifikasi

Tiap vendor tentu berbeda dalam menanamkan spesifikasi pada produk tabletnya. Misalnya: Ada dua vendor yang memperlihatkan tablet dengan harga yang sama. Vendor A mengatakan spesifikasi tinggi untuk prosesornya, tapi resolusi lebih rendah untuk kamera.Sementara vendor B mengatakan spesifikasi prosesor yang lebih rendah , namun mengatakan kualitas kamera yang lebih baik dari A. Jika kau lebih banyak memakai tablet untuk bermain Game, maka spesifikasi prosesor yang lebih tinggi ialah pilihan Anda.

Mendukung Upgrade OS

Ketersediaan Upgrade OS juga tak kalah pentingnya, alasannya ialah versi OS lebih tinggi tentu akan lebih baik dari versi sebelumnya.Jika tablet yang akan Anda memperlihatkan untuk upgrade kepada versi yang lebih tinggi, tentu ini ialah pilihan terbaik bagi anda.

Vendor prosessor

Jangan keburu ngejudge kalau tablet murah buatan dalam negeri selalu jelek kualitasnya. Tapi memang sih, pada umumnya harga selaras dengan kualitas :). Namun kalau ketersediaan budget terbatas, anda mungkin perlu untuk sedikit jeli. Walaupun vendor diketahui dari lokal, untuk urusan komponen bisa jadi dibentuk oleh pihak ketiga. Perhatikan saja prosesornya, untuk ketika ini qualcomm ialah pemain besar prosesor. Walaupun vendor lokal, kalau prosesor besutan vendor terbaik, maka akan menjadi nilai baik untuk tablet pilihan anda.

Kecepatan prosesor (CPU)

Prosesor ialah otak dari komputer, termasuk smartphone dan tablet. Semakin tinggi kecepatan prosesor, tentu akan semakin cepat pula kinerjanya. Pada layar sentuh, prosesor yang tinggi biasanya ditandai dengan semakin responsif efek sentuhnya. Selain itu, semakin baik untuk menjalankan aplikasi. Kecepatan clock prosesor disebut dengan satuan Hz, namun yang paling rendah biasanya sudah 800 Megahertz (Mhz). Jadi, semakin tinggi nilai Mhznya, maka semakin baik kinerjanya.

Kapasitas RAM

Ram ialah hardware yang berkhasiat untuk membantu kinerja prosesor. Satuan ukuran untuk jenis memori ialah byte, namun pada RAM paling rendah ialah sudah Mb (Megabyte). Semakin tinggi kapasitas memori RAM, maka performa tablet juga akan semakin baik. Untuk menjalankan aplikasi, RAM yang tinggi akan jauh dari kesan respon yang lambat, ngelag atau tersedat sendat. Semakin tinggi RAM, kemampuan penggunaan multitasking juga semakin baik. Ukura RAM pada kebanyakan tablet antara 128 MB, 256 MB, 512 MB sampai 1 GB keatas.

GPU

GPU ialah Graphic Proccessing Unit, dan ini hampir tak ada bedanya dengan CPU(Central Processing Unit, otak utama komputer). GPU dan CPU sesungguhnya ialah sama sama jenis prosesor sang otak komputer. Didalam tablet maupun komputer pada umumnya terdapat dua jenis prosesor ini. GPU ialah prosesor yang bertugas untuk memproses grafis pada komputer. Semakin tinggi spesifikasi GPU, maka semakin baik pula tampilan grafis yang dihadirkan. Spesifikasi GPU mungkin hanya perlu anda perhatikan, kalau Anda ialah seorang gamer. Karena game-game kini kebanyakan membutuhkan spesifikasi gadget yang tinggi, dan ini dilihat dari GPU terutama.

Dengan memperhatikan beberapa tips membeli gadget diatas, kami berharap Anda menemukan gadget yang paling pas buat Anda, baik mengenai kegunaan dan harganya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sebelum Membeli Tablet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel