Tips Merawat Aki Motor Semoga Awet

Aki merupakan sumber arus listrik utama pada sistem kelistrikan sepeda  motor.Untuk menghidupkan motor starter, arus listrik dari aki lah yang akan mengambil peranan.Jadi peranan aki ini sangat penting bagi yang tak mau repot ketika berkendara.Agar umur aki dapat lebih tahan lama, sebaiknya cara perawatannya lebih diperhatikan.
Jenis Aki yang dipergunakan pada sepeda motor dikenal ada 2 type, yaitu type aki berair dan aki kering.Namun khusus untuk aki kering, aku kira perawatannya lebih gampang daripada type aki basah.

Pada perawatan yang benar, aki sepeda motor dapat tahan hingga 2 tahun bahkan lebih.Namun masih banyak pemilik kendaraan yang harus mengganti aki bahkan sebelum 1 tahun pemakaian.

Berikut tips merawat aki type berair supaya awet:


Jangan biarkan Aki terlalu usang kekurangan cairan

Air aki berkurang itu ialah hal yang wajar, lantaran ada proses penguapan ketika pengisian.Namun yang harus diperhatikan, kita harus rajin mengontrolnya minimal 1 bulan sekali.Lihat batas pengisian, jangan hingga air aki dibawah batas "lower" dalam jangka yang lama.Hal ini lantaran hanya zat H20 saja yang dapat menguap, sedangkan zat H2SO4 masih tetap berada didalam aki.H2SO4 yang masih tertinggal inilah yang akan merusak besi didalam sel sel aki.

Jangan isi Air aki terlalu banyak

Pada ketika kita menambah cairan bening pada aki, perhatikanlah batas tertinggi atau "upper".Jangan hingga air aki bening yang ditambahkan kapasitasnya melebihi batas maksimal (upper).Hal ini lantaran kemungkinan akan terjadinya karat pada logam besi yang didalam aki menjadi lebih tinggi, yang disebabkan oleh oksidasi antara logam dan H2SO4 yang terkandung dalam air aki.

Perhatikan lubang ventilasinya

Lubang ventilasi pada aki berkhasiat untuk sirkulasi atau pembuangan uap.Biasanya lubang ventilasi aki ini diberi slang, maka pastikan slang ini tidak terjepit atau tersumbat.Bahkan aki dapat meleduk kalau hingga lubang ventilasinya tersumbat, lantaran pada ketika proses pengisian uap tidak dapat keluar.

Bersihkan secara rutin terminal aki

Biasanya terminal pada aki akan dipenuhi oleh kerak.Kerak ini kalau tidak dibersihkan dapat menghambat suplay listrik dan dapat menghancurkan terminal.Jika terminal hingga ludes, tentunya aki tidak dapat dihubungkan dengan kabel kelistrikan.Pada umumnya kerak ini akan menghambat baut, sehingga sulit dibuka lagi.cara mebersihkannya cukup mudah, siram kerak ini dengan memakai air panas.

Jangan sering paksakan electric starter

Jika mesin sepeda tampaknya sulit dihidupkan dengan tombol electric starter (misalnya ketika mesin dingin), sebaiknya  pergunakan kick starter.Tekanan pada pedal kick starter lebih berpengaruh dari starter, sehingga mesin akan lebih gampang hidup.Memencet tombol motor starter yang terlalu usang dapat menjadikan aki cepat tekor, air aki lebih cepat berkurang dan dapat memperpendek umur aki.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Aki Motor Semoga Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel