Tips Menentukan Vga

Personal Computer tampaknya sudah ibarat bab penting dari kehidupan kita kini ini. Bisa dipergunakan untuk menuntaskan pekerjaan, komunikasi dan hiburan. Salah satu komponen utama dari komputer ialah VGA. VGA atau Kartu grafis ialah perangkat yang mengubah isu digital menjadi gambar grafis untuk ditampilkan monitor komputer atau pada perangkat lain. Bisa dikatakan bahwa segala sesuatu yang aku lihat di monitor komputer ialah hasil kerja dari VGA.

Ada banyak type VGA yang beredar, dan terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun.Bagaimana VGA yang terbaik? Bagaimana menentukan VGA yang tepat? Apa saja pilihan utama dari VGA?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut artikelnya

Untuk menjalankan aplikasi office, fitur VGa tidak berperan sangat penting, tapi untuk game, grafis berkualitas tinggi ialah sangat penting.
Perlu diketahu bahwa ada dua jenis VGA, yaitu: terintegrasi (built-in) dan diskrit (eksternal).Pada laptop kebanyakan memakai VGA built-in, dan pada beberapa komputer.

VGA terintegrasi (built-in) - ialah kartu grafis yang dibangun menjadi satu pada motherboard komputer. Kartu grafois tersebut mempunyai produktivitas rendah dan hanya dipakai untuk PC pekerjaan kantoran.

VGA  diskrit (eksternal) ialah perangkat eksternal khusus , yang bisa dilepas dan pasang pada motherboard. Jika PC  untuk tujuan game dan multimedia , selalu membutuhkan kartu grafis eksternal.



Karakteristik utama dari VGA:


1. Spesifikasi dari GPU (Graphic Processing Unit).


GPU - ialah inti dari VGA, ia melaksanakan semua perhitungan yang diperlukan.Baca : Perbedaan CPU dan GPU.

Parameter utama dari setiap prosesor grafis itu disebut clock speed, yang diukur dengan satua kecepatan Mega atau GHz. Prosesor dengan kecepatan clock yang lebih tinggi mempunyai kinerja yang lebih tinggi.

Clock speed rata-rata prosesor grafis bervariasi 550-850 MHz. Model-model gres dari kartu mempunyai clock GPU 1-2 GHz atau lebih. VGA dengan kecepatan clock GPU sekitar 780 MHz hanya sanggup dipakai untuk penggunaan biasa.

2. Jenis dan jumlah memori.


Memori adiperlukan untukmembangun gambar, sampai gambar siap untuk ditampilkan.

Memori jenis GDDR3 dan GDDR5 dipakai dalam kartu grafis modern. Jenis lain dari memori yang dipakai selalu kurang dan kurang. Memori GDDR3 dan memori GDDR5  mempunyai kecepatan clock yang berbeda, dan beberapa karakteristik lainnya. GDDR5 lebih baik dan memori ini dianggap paling berpengaruh sekarang. Jika Anda tidak ingin memainkan game terbaru  dengan setting tertinggi, Anda sanggup menentukan memori GDDR3.Atau GDDR5 kalau itu ialah pilihan Anda.

Jumlah kapasitas memori kartu grafis - ialah kapasitas memori  dan diukur dalam ukuran megabyte. Kartu grafis dengan memori lebih banyak lebih baik, tetapi jumlah memori tidak selalu penting untuk meningkatkan kinerja.

Memori yang ada berkisar dari 256 MB sampai 2 GB atau lebih. Untuk aplikasi office  memori 256 MB sudah cukup, sedangkan jumlah minimum memori untuk game bisa 512 MB atau 768 MB.

3. Bus.


Bus kartu grafis ialah perangkat yang menghubungkan GPU ke memori. Ciri utama dari bus  adalah  menunjukkan berapa banyak isu bus sanggup mentransfer per clock cycle. Bus kartu grafis diukur dalam bit. Kartu grafis modern yang banyak dipakai terutama dengan kapasitas 128-512 bit. Bus width yang besar ialah ukuran kinerja dari sebuah kartu video. Untuk penggunaan kantor, kartu video dengan 128-bit bus sudah cukup, untuk game dan multimedia dengan bus 128 bit juga banyak digunakan, tetapi untuk tujuan ini lebih baik untuk menentukan kartu dengan bus width 192 atau 256 bit.

4. Jenis sambungan.


Beri perhatian lebih pada poin ini kalau Anda ingin meng-upgrade VGA gres untuk motherboard lama. Ada dua jenis utama dari koneksi video card ke motherboard - AGP dan PCI Express. Jika motherboard anda mendukung koneksi AGP, maka motherboard PC anda tidak sanggup menghubungkan kartu grafis dengan PCI dan sebaliknya.Sebagian besar kartu grafis modern terhubung melalui PCI Express.

5. Jenis sistem pendinginan.


Jika VGA lebih cepat menghasilkan panas, dibutuhkan kebutuhan yang besar untuk sistem pendingin.Ada dua jenis sistem pendingin pada VGA, yaitu pasif dan aktif.

Sistem pendingin pasif hanya membuang panas ke udara dengan plat pendingin. Sistem pendingin pasif hanya dipakai pada kartu kecil, untuk kartu yang lebih kuat, maka membutuhkan sistem pendinginan aktif.

Sistem pendingin aktif melaksanakan pendinginan dengan kipas khusus. Lebih berisik, namun juga lebih efektif.Kebanyakan kartu grafis modern spek tinggi dilengkapi dengan sistem pendinginan aktif.Karena memang penggunaannya untuk pekerjaan tampilan grafis yang lebih berat.

6. Jenis Konektor (port) untuk menghubungkan perangkat monitor.


Mengetahui perangkat lain yang bisa dihubungkan melalui port khusus. Kemampuan kartu grafis untuk penggunaan yang dihubungkan dengan perangkat lain ditentukan oleh ketersediaanya port tertentu.

Jenis Port VGA Card :

bermain game terbaru - Anda akan membutuhkan model VGA yang lebih mahal.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menentukan Vga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel