Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

Berencana membeli sepeda motor bekas?...jangan keburu tertarik hanya dengan melihat sekilas kondisinya yang masih terlihat mulus.Kayaknya anda harus lebih teliti lagi apakah motor tersebut memang sesuai dengan penampakannya,hati hati lantaran penampilan bisa menipu.

Nah biar anda bisa memperoleh motor bekas dengan kondisi dan harga yang anda harapkan,wajib hukumnya menerapkan seleksi ibarat pada tips membeli motor bekas berikut.

Pertama tentukan dulu motor incaran anda,cek harga motor bekas pasaran terbaru yang berlaku dikota anda.Dengan demikian anda akan memperoleh ancer ancer kisaran harga yang sesuai.Sehingga nanti anda akan lebih gampang menawar harga motor bekas sesuai dengan kondisinya.

Pemeriksaan awal.

Periksa kelengkapan surat dan kesesuaian nomor rangka/sasis
Sebelum anda mengusut yang lain lain,sebaiknya Anda tanyakan dulu mengenai surat surat kelengkapannya.Ada BPKB dan STNK yang harus anda cocokkan yaitu Nomor rangka dan nomor body.Tentunya penjual harus mau memperlihatkan nomor body dan rangka yang ada pada motor yang ia jual.Lihat apakah nomor body dan rangka tersebut asli,tidak ada tandas tanda mencurigakan.Noka dan nomor body yang habis direkayaya masih akan kelihatan kasar.Disini anda dituntut ketelitian lebih untuk memeriksanya,sebab jangan hingga motor yang anda beli ialah motor hasil keJ*h*tan.
Kepolisian telah menawarkan layanan SMS otomatis untuk mengecek data nomor STNK.Semua nomor kendaraan yang orisinil tersimpan didalam database.Dengan memakai layanan SMS tersebut, maka anda akan segera tahu bahwa nomor polisi motor yang akan anda beli ialah nomor STNK asli.
Caranya:
Untuk wilayah Jakarta : Ketik Metro(spasi)nomor polisi Kirim ke 1717
Untuk tempat Jawa Timur: Ketik Jatim(spasi)nomor polisi Kirim ke 1717
Balasan akan terkirim otomatis ketika itu juga.[sumber: metro.polri.go.id]
Tiap tempat diluar itu mungkin berbeda,tanyakan kepada kantor layanan kepolisian didaerah anda.

Cek speedometer
Semakin banyak angka km yang tertera tentu memperlihatkan jam terbang dari motor tersebut yang semakin tinggi.Jika sudah menyentuh angka 20.000 lebih padahal umur motor masih 3 tahun,berarti motor sudah sangat jauh jarak tempuhnya.Siap siap saja untuk mengeluarkan biaya perawatan kalau anda nekat membelinya.

Periksa fisik motor
Pelototin kondisi fisik dari motor tersebut,jika habis jatuh niscaya akan ada tanda yang terlihat walaupun sedikit.Perhatikan juga seluruh baut baut yang ada,dan perhatikan apakah baut tersebut sisi sisinya tidak cacat.Jika ada keanehan yang berlebih,kemungkinan perlakuan bergairah ketika pembongkaran mesin.

Periksa chasis
Sepeda motor yang bengkok sasisnya akan sangat terasa tidak stabil dan tidak nyaman ketika dikendarai.Dengan demikian kendaraan akan sulit dikendalikan terlebih ketika kecepatan tinggi.Untuk melaksanakan senter sasis (center body) biayanya cukup mahal.
Sepeda motor yang sasisnya bengkok diakibatkan pernah terjadi benturan keras contohnya bertabrakan atau jatuh.Cara memeriksanya ialah dengan melihat sumbu kedua roda depan dan belakang,pastikan apakah roda depan dan belakang masih dalam kondisi lurus.

Periksa sistem kelistrikan
Cek semua lampu lampu dan alat kelistrikan lainnya masih berfungsi semua.Bel,lampu depan belakang,lampu sein,kontrol BBM dsb.

Hidupkan mesin
Cobalah untuk menghidupkan motor dengan memakai electric starter (jika dilengkapi),test apakah sistem ini masih berjalan dengan baik.Setelah itu matikan dan hidupkan memakai kick starter.Jika kick starter terkadang terasa ngeslong(tidak ada beban),bisa jadi kanvas kopling sudah aus dan perlu diganti.
Setelah mesin hidup,biarkan dalam putaran idel(tanpa digas).Mesin yang masih normal akan bisa hidup langsam pada putaran idel/stasioner yaitu kisaran 1500RPM.Jika mesin terdengar tersendat sendat bahkan sering mati,maka jangan beli motor tersebut.Pastikan juga bahwa mesin yang berputar idel tersebut terdengar halus,artinya tidak ada bunyi suara bergairah kemrasak atau bunyi suara ganjil lainnya.
Tarik gas sedikit besar,lihat apakah kenalpot berasap putih atau tidak.Jika mengeluarkan asap putih,hentikan investigasi dan cari pilihan mokas yang lainnya.


Pemeriksaan lanjutan (melakukan test Drive)

  • Saat motor dijalankan cobalah untuk mencoba semua gigi perseneling,apakah masih halus dan nyaman perpindahan giginya.
  • Coba sedikit digenjot gasnya,jika motor terasa nggambot/nggandol/nggiring berarti kanvas kopling sudah mau habis.
  • Rasakan ketika motor di kendarai apakah kemudinya terasa balans,jika sasis bengkok maka anda akan mencicipi tidak nyaman mengemudikannya.Maka urungkan niat anda untuk membelinya.
  • Sekarang anda berhentilah,turun dari motor dan periksa sekali lagi mesinnya.Cari apakah ada olie yang merembet melalui sela sela mesin.Jika ada olie yang merembet berarti ada paking paking yang tidak berfungsi dengan maksimal.Masalahnya kalau ada kebocoran olie mesin, nanti akan sulit dibersihkan.Disamping itu pelumas mesin akan cepat habis.
  • Kondisi ban juga boleh dilihat,jika sudah gundul maka anda harus minta bagian harga sesuai harga kedua ban tersebut.

Semoga anda mendapat motor bekas yang sesuai antara harga dan kondisi kendaraan sehabis menerapkan tips diatas.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Sepeda Motor Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel