Tips Biar Peralatan Elektronik Awet

Seringkali kita menemukan bahwa perangkat elektronik yang belum usang digunakan sudah mengalami kerusakan.Padahal barang elektronik tersebut tidak terlalu diforsir pemakaiannya.
Hal ini dapat jadi kita tidak terlalu baik dalam memakai dan merawatnya.Sebenarnya tidak sulit untuk merawat barang barang elektronik rumah tangga biar dapat awet.Agar anda dapat merawat alat alat elektronik menyerupai lemari es,mesin cuci,DVD Player,Komputer,Televisi dan lain lain,penting untuk mengetahui beberapa hal yang dapat mempercepat kerusakan perangkat elektronik.
Perangkat elektronik yang digunakan suatu ketika niscaya akan mengalami kerusakan,namun jikalau dapat menjadi lebih abadi tentu merupakan salah satu penghematan.Atau jikalau sudah bosan,barang elektronik yang terawat akan dihargai dengan lebih tinggi.

Berikut beberapa tips biar perabot elektronik rumah anda dapat awet:

Pergunakan Stabilizer tegangan
Listrik AC yang disalurkan kerumah rumah dari PLN maupun Diesel tidak dapat stabil 100%.Walaupun dijelaskan bila arus listriknya ialah 220 volt,namun itu gotong royong hanya dirata rata saja,Suatu ketika dapat kurang dari 220V dan suatu ketika juga dapat naik lebih dari 220V.Arus listrik yang tidak stabil menyerupai ini akan mempercepat kerusakan perangkat elektronik,karena komponen yang ada mempunyai batas toleransi tegangan yang diperbolehkan.Kurang juga dapat mempercepat kerusakan komponen,arus listrik yang berlebih apalagi.
Untuk itu diharapkan peralatan elektronik khusus untuk mengamankan tegangan yang naik turun biar stabil.Walaupun pada beberapa perangkat sudah dilengkapi AC MATIC,Stabilizator atau stabilizer masih tetap diperlukan.

Baca buku petunjuk Penggunaan.
Jika anda membeli perabot elektronik gres niscaya akan disertakan buku panduan penggunaan.Baca ihwal cara penggunan yang benar pada perangkat tersebut,dan tentu saja ini harus dipatuhi.Pemakaian yang melebihi kapasitas akan mempercepat kerusakan.Contohnya pada lemari ES,jangan diisi dengan materi bahan yang disimpan terlalu padat sebab akan menghambat sirkulasi udara.

Penempatan peralatan elektronik
Penempatan yang jelek juga akan mempercepat kerusakan pada perabot elektronik.Rata rata peralatan elektronik tertentu akan menghasilkan panas jikalau dipergunakan.Tempatkan pada ruang yang mempunyai sirkulasi udara yang baik,agar panas yang dihasilkan akan cepat didinginkan oleh udara sekitar.Selain itu juga Jangan diletakkan pada kawasan yang bertemperatur terlalu tinggi.
Penempatan alat elektronik pada kawasan yang lembab juga akan mempercepat kerusakan.Hal ini dapat mengakibatkan korosi pada komponen sebab udara lembab mengandung air.

Stop Kontak
Sangat penting untuk diperhatikan mengenai stop kontak atau colokan.Stop kontak atau colokan pada pada dasarnya ialah digunakan untuk menyambung antara listrik dan peralatan elektronik.Kedua bidang yang bersambungan tersebut dihentikan hingga longgar atau kurang rapat, sebab listrik yang masuk menjadi tidak stabil.Listrik yang tidak stabil ialah faktor penyebab kerusakan paling tinggi.Selain itu colokan yang longgar dapat mengakibatkan biaya beban listrik menjadi lebih tinggi.
Segera diganti jikalau stop kontak yang biasa digunakan sudah menjadi longgar.

Belum ada Komentar untuk "Tips Biar Peralatan Elektronik Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel