Saat Pakai Listrik,Melepas Baterai Laptop Elok Apa Tidak

Apakah kau suka melepas baterai laptop disaat dipakai menggunakan listrik rumah?,,ataukah tetap membiarkan baterai laptop selalu berada didalam tempatnya.

Namun banyak pertanyaan yang timbul "Apakah ada pengaruhnya jikalau baterai dilepas atau tidak jikalau laptop dihidupkan dengan menggunakan listik Rumah?"

Sebenarnya dalam situasi tertentu, kedua perlakuan tersebut ada baiknya.
Untuk menemukan solusi terbaik,Mari kita bahas bersama:

Pada merk/jenis laptop tertentu,melepas baterai jikalau sudah penuh bahwasanya ada baiknya.Karena listrik akan tetap menghantar kedalam baterai sehingga baterai menjadi panas.Sehingga hal ini dapat mengurangi umur dari baterai.
Namun cara yang kau lakukan tersebut yaitu terbalik.Yang tidak terbalik adalah,jika baterai laptop sudah penuh maka segera copotlah arus listrik dari PLN.
Namun lain halnya jikalau kau bermaksud menghemat baterai biar awet,karena menggunakan laptop berjam jam maka baterai kau lepaskan.Bagus juga inspirasi kau itu,karena dengan cara tersebut kau memang dapat menghemat umur pakai baterai.Perlu diketahui,umur pakai baterai itu bergantung dari berapa kali beliau dicharge sesuai spesifikasi dari pabrikannya.

Akan tetapi mencopot baterai laptop, dan sepenuhnya mengandalkan listrik PLN bukanlah sebuah inspirasi yang bagus.
Karena laptop akan beresiko mati mendadak ketika ada pemadaman listrik.Seperti kita ketahui bahwa listrik suka byar pet,dan ini tidak anggun buat komputer umumnya.
Mematikan laptop tanpa proses shut down dapat membahayakan Sistem Operasi dari laptop, dan beberapa jenis hardware tertentu.

Mau pilih mana,,,Laptop yang baka tapi baterai cepat lemah, atau baterai baka tapi laptop beresiko tinggi cepat rusak.Kalau berdasarkan saya sih, lebih baik ambil resiko yang pertama.

Jika kau tidak mau beresiko komputer mati mendadak,maka jangan pernah menggunakan laptop hanya mengandalkan listrik PLN tanpa baterai.

Bisa saja kau hanya mengandalkan listrik PLN rumah tanpa baterai.Asalkan laptop kau dilengkapi pengaman listrik atau UPS.

Jadi Solusi terbaiknya yaitu listrik menggunakan stabilizer plus UPS,dan sehabis itu kau dapat melepas baterai laptopnya untuk pemakaian yang lama.
Dengan begitu baterai laptop kau dapat lebih awet, dan tidak mengambil resiko pada laptop.

Tips: Segera matikan laptop atau segera di charge, jikalau sudah muncul peringatan baterai lemah.

Mengapa harus menggunakan stabilizer tegangan AC ,jika baterai laptop dilepas?

Baterai laptop juga berfungsi sebagai stabilisator tegangan,sehingga jikalau ada naik turunnya tegangan dari listrik rumah arus yang menghidupi laptop tetap stabil.Hal ini alasannya yaitu tidak ada yang menjamin, bahwa listrik arus AC dari PLN itu tetap selalu dalam keadaan stabil yaitu 220V.Jadi melepas baterai dikala laptop dipakai tanpa stabilize arus AC juga tidak baik bagi hardware laptop.

Namun pada laptop yang lebih gres sudah dilengkapi dengan kemudahan otomatis yang akan memutus tegangan menuju baterai (auto stop charge) jika baterai sudah penuh.Jika kau sudah memastikan adanya kemudahan tersebut,tidak melepas baterai laptop yaitu pilihan terbaik.

Bisa kita simpulkan kini bahwa,melepas baterai itu hanya untuk menghemat umur baterai.Dan pada kondisi tertentu,melepas baterai tidak dianjurkan.Bagaimana?.. Setuju?

Belum ada Komentar untuk "Saat Pakai Listrik,Melepas Baterai Laptop Elok Apa Tidak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel