Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa jenis mesin yang digunakan pada kendaraan beroda empat umumnya ada yang disebut dengan mesin diesel dan ada yang disebut menggunakan mesin bensin.Lalu apa sih yang menjadi dasar perbedaan dari kedua mesin tersebut selain dari jenis materi bakar yang dipergunakan?,,,Mungkin anda pelu tahu juga, supaya lebih bersahabat dengan kendaraan yang anda pergunakan setiap hari.

Secara teori, mesin diesel dan mesin bensin bersama-sama mirip. Semuanya menggunakan sistem pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), yang pada dasarnya dirancang untuk mengubah energi kimia pada materi bakar untuk menjadi energi mekanik.Serkedar tahu saja, ada juga lho sistem pembakaran luar (External Combustion Engine), misalnya pada mesin uap.
Baiklah, mari kita lanjutkan,,,
Energi mekanik dihasilkan oleh pergerakan piston yang naik dan turun di dalam silinder. Piston ini terhubung ke poros engkol(crankshaft),  gerakan naik-turun dari piston, yang dikenal sebagai gerakan linier akan membuat gerakan berputar untuk memutar roda mobil.

Kedua jenis mesin yaitu mesin diesel dan mesin materi bakar bensin menghasilkan energi melalui serangkaian ledakan kecil atau pembakaran (combustions). Perbedaan utama antara solar dan bensin ialah cara bagaimana ledakan ini dapat terjadi. Dalam mesin bensin, materi bakar dicampur dengan udara, dikompresi oleh piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi (Baca ini: Cara kerja mesin bensin 4tak).
Bedanya pada mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu, dan kemudian materi bakar dimasukkan dengan cara diinjeksikan kedalam ruang bakar. Karena udara memanas ketika terjadi kompresi, maka materi bakar akan terbakar.Mesin diesel tidak mempergunakan busi untuk memperabukan materi bakar, melainkan materi bakar terbakar alasannya ialah suhu dan tekanan yang sangat tinggi.Pada mesin diesel, materi bakar ini dipompa menggunakan pompa khusus bertekanan tinggi kedalam ruang bakar secara eksklusif oleh injektor.

Lalu bagaimana dengan sistem mesin bensin yang mempergunakan injeksi, atau bahasa tekniknya Electronic Fuel Injection(EFI)?...Sepertinya memang hampir mirip, namun bedanya sangat jauh sekali.Pada intinya, injektor EFI tidak menghasilkan tekanan injeksi materi bakar yang sangat tinggi menyerupai pada injektor solar diesel.Dan pada EFI, materi bakar bensin tidak diinjeksikan secara eksklusif kedalam ruang bakar.EFI hanya digunakan mesin berbahan bakar bensin, dimana materi bakar masih tetap dibakar oleh percikan api busi.


Mesin diesel juga menggunakan siklus pembakaran 4 tak menyerupai pada mesin bensin. Keempat langkah tersebut adalah:


Langkah Intake (Intake Stroke) - Katup intake terbuka,  piston bergerak ke bawah, katup udara terbuka dan udara masuk.
Langkah kompresi (Compression Stroke) - Piston bergerak kembali ke TMA (titik mati atas) dan menekan udara.
Langkah Pembakaran (Combustion Stroke) - Saat piston mencapai TMA, materi bakar diinjeksikan pada ketika yang tepat.Karena tekanan (kompresi) tinggi dan tekanan injeksi yang juga tinggi, maka terjadi ledakan dan memaksa piston kembali turun.
Langkah buang (Exhaust Stroke) - piston bergerak kembali ke atas mendorong keluar sisa materi bakar melalui katup buang yang terbuka , kemudian disalurkan ke knalpot.

[IMG Courtesy howstuffworks}

Sekali lagi perlu diingat bahwa mesin diesel tidak menggunakan busi, pembakaran yang terjadi alasannya ialah tekanan kompresi,suhu udara yang tinggi dan materi bakar yang disuntikkan bertekanan tinggi eksklusif ke ruang bakar (direct injection). Panas dan tekanan tinggi inilah yang akan memperabukan materi bakar dengan sendirinya.
Kalau Anda bersahabat dengan kendaraan beroda empat diesel, biasanya sesudah kendaraan beroda empat hambar harus menyalakan pemanas untuk beberapa menit.Ya, cara tersebut ialah untuk memanaskan suhu ruang bakar, alasannya ialah mesin masih dalam keadaan dingin.Hal ini untuk membantu proses pembakaran awal.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel