Mitos Kesehatan Yang Terlanjur Beredar Dimasyarakat

Ada banyak yang mendengar info kesehatan yang beredar dari ekspresi ke ekspresi di tengah-tengah masyarakat. Kita menganggapnya sebagai kebenaran alasannya yakni hampir semua orang memercayainya. Padahal, sebagian yakni mitos yang tidak didukung kebenaran ilmiah, semua hanya sugesti. Berikut yakni 9 di antaranya:

1.Mencukur menciptakan rambut tumbuh kembali lebih cepat dan kasar.

Waxing, mencukur atau mencabut rambut tidak akan mengubah tekstur atau kecepatan pertumbuhannya. Rambut yang gres tumbuh kembali memang tumpul, tapi lama-kelamaan akan tampak persis menyerupai rambut Anda sebelumnya.

2.Membaca dalam gelap merusak mata Anda

Pernahkah Anda dinasihati biar tidak membaca dalam gelap alasannya yakni sanggup merusak mata? Membaca dalam kegelapan hanya akan melelahkan mata tetapi tidak merusak mata kita.

3.Cara terbaik mengatasi cegukan yakni meminum air
Secara medis, tidak ada bukti efektivitas meminum air atau menahan nafas dalam mengatasi cegukan. Sebaliknya, berdasarkan rekomendasi usang dari New England Journal of Medicine (1971), menelan sesendok butiran gula pasir justru lebih efektif. Menurut studi itu, seni administrasi ini berhasil menghentikan cegukan pada 19 dari 20 pasien.

4.Jantung ada di sebelah kiri dada
Hampir setiap orang jikalau ditanya di mana letak jantung maka akan memegangi dada sebelah kiri. Ini yakni pemahaman yang salah. Jantung terletak hampir di tengah-tengah dada kita, tersimpan kondusif di belakang rongga dada.

5.Stress sanggup menciptakan rambut beruban dalam semalam
Bukti memang memperlihatkan bahwa stres sanggup mempercepat rambut beruban. Seseorang yang mengalami ketegangan dan kesedihan dalam waktu usang sanggup lebih cepat mempunyai rambut beruban. Namun, prosesnya tidak dalam satu malam. Proses perubahan warna rambut menjadi abu-abu terjadi secara bertahap. Pola perubahan warna biasanya bersifat genetik, ada rambut yang tetap hitam ada juga yang berubah abu-abu.

6.Kedinginan menciptakan Anda rentan terkena flu
Sebuah penelitian pernah dilakukan di Common Cold Research Unit, Salisbury, Inggris, di mana sekelompok relawan diinokulasi dengan virus selesma yang didekatkan ke hidung mereka. Setengah kelompok ditempatkan di ruangan yang hangat sedangkan sisanya mandi dan berair kuyup selama setengah jam, kemudian berpakaian tapi menggunakan kaus kaki berair selama beberapa jam lagi. Kelompok berair tidak terkena flu lebih banyak daripada kelompok kering. Kesimpulan: kedinginan tidak mensugesti sistem kekebalan tubuh.

7.Susu hangat menciptakan anak gampang tertidur
Susu mengandung sedikit tryptophan, sejenis asam amino yang berefek memudahkan tidur. Namun, Anda perlu bergalon-galon susu untuk mencicipi efeknya. Bila Anda mendapati anak Anda jadi gampang tertidur sehabis minum susu, bahwasanya rutinitasnyalah yang membantu anak menjadi tenang.

8.Kita hanya menggunakan 10 persen otak kita
Sejumlah studi pencitraan otak telah memperlihatkan bahwa tidak ada satu wilayah pun di otak yang benar-benar membisu atau tidak aktif. Pencitraan otak secara rinci telah gagal mengidentifikasi 90 persen isi otak yang “tidak termanfaatkan”. Mitos bahwa otak kita gres sebagian kecil saja yang dimanfaatkan mungkin berasal dari para penjual yang mencoba memperlihatkan “inovasi baru” dalam meningkatkan kemampuan otak.

9.Cara terbaik menjadi langsing yakni makan sesedikit mungkin
Jika Anda makan sangat sedikit, berat tubuh Anda akan turun cepat, yang sepertinya sangat efektif. Tapi dalam jangka panjang hal itu jelek bagi kesehatan maupun berat tubuh Anda. Jika Anda makan terlalu sedikit, Anda akan kekurangan vitamin dan mineral sehingga lemah dan lelah. Tubuh Anda akan kekurangan energi yang diharapkan dan akan mencari sumber energi alternatif dengan memperabukan lemak otot. Metabolisme tubuh juga melambat, alasannya yakni massa otot berkurang menciptakan pembakaran lebih lambat. Tubuh Anda menjadi sangat efisien. Bila Anda kemudian putus diet dan makan lebih banyak (mayoritas orang melakukannya), maka kombinasi efisiensi dan asupan kalori berlebih akan menciptakan berat tubuh Anda cepat naik kembali. Seringkali berat Anda lebih dari sebelumnya. Ini sering disebut imbas yoyo. Cara terbaik menjadi langsing yakni dengan aktivitas sedikit demi sedikit yang mengkombinasikan penurunan asupan kalori dan peningkatan pembakarannya.

Belum ada Komentar untuk "Mitos Kesehatan Yang Terlanjur Beredar Dimasyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel