Memeriksa Dan Menguji Motherboard

Motherboard sanggup dibilang sebagai perangkat yang paling penting pada komputer. Semua komponen penting dari komputer seperti, memori hard drive, external card,prosesor dan power supply ditangani oleh motherboard. Oleh lantaran itu motherboard juga  juga akan memilih apakah prosesor sanggup bekerja,atau apakah external card sanggup bekerja untuk meningkatkan sistem dari komputer. Maka jelaslah bahwa setiap duduk kasus dalam motherboard akan mengakibatkan gangguan pada semua fungsi komputer.
Masalah motherboard sanggup disebabkan lantaran adanya kerusakan pada power supply, atau ketika dipasang external card.
Cari tahu bagaimana cara menilik dan menguji motherboard, semoga duduk kasus masalah yang timbul lantaran motherboard sanggup diselesaikan.
Periksa juga kompabilitas dari motherboarb untuk memilih chipset dan driver yang didukung.

Cara menilik dan menemukan duduk kasus pda motherboard

Biasanya setiap produsen motherboard menyediakan diagnostic tool tertentu,dan sanggup kau dapatkan diwebsite mereka.Download tools tersebut dan ikuti petunjuk bagaimana cara menggunakannya.
Masuk kedalam Setup pada pengaturan konfigurasi BIOS. Catat semua pengaturan pada BIOS,kemudian resetlah konfigurasi pada BIOS ke pengaturan default.
Lepaskan perangkat yang terpasang menyerupai printer atau flashdisk.
Lepas juga semua kartu yang menempel pada motherboard.
Cabut memori RAM, hardisk,CPU,kabel kabel dari socket/slot masing-masing.
Bersihkan semua hardware yang telah kau lepas tadi dengan memakai kain kering.
Periksa apakah ada kaki kaki/pin,soket kabel apakah tidak ada yang longgar atau rusak .
Pasang kembali semua hardware dan kabel yang dilepas tadi kedalam posisi yang benar menyerupai semula.
Sekarang ketika kau mencoba menghidupkan komputer lagi,dan seharusnya sudah tidak menemui masalah pada harddisk.

Jika duduk kasus yang ada belum teratasi,cobala menilik pecahan lainnya menyerupai power supply dan VGA satu persatu apakah ada kesalahan.Jika kesalahan ditemukan pada power suplay atau VGA,ganti dan start komputer kemudian konfigurasi ulang pengaturan pada  BIOS menyerupai sebelumnya.

Cara menemukan Model Motherboard di Win XP

Cara terbaik untuk mengetahui model motherboard ialah dengan membuka box PC. Disana kau akan menemui beberapa slot ,namun hanya ada satu yang berwarna putih. Selain itu kau sanggup juga menemukan slot yang berwarna dan bentuknya juga berbeda .
Jika kau menemukan slot yang berwarna dan mempunyai ukuran sedang maka model Motherboard ialah AGP.Dan kalau slot berwarna dan berukuran panjang panjang, maka model motherboard adalah  PCI-Ex16/2.0. Kamu juga bisa  menemukan nomor tertentu yang tertulis di motherboard ,dan itulah nomor modelnya.

Cara lain yang lenih gampang ialah memakai derma software khusus untuk keperluan ini yang sanggup dijalankan pada win XP.Carilah diinternet dan kau akan dengan gampang untuk menemukannya.
Kamu juga sanggup mengunjungi web produsen, kalau kau tahu nomor model komputernya.

Cara Memeriksa Kompatibilitas dari Motherboard

Ada dua perusahaan besar pembuat motherboard Intel dan AMD. Jika Kamu tahu nomor model dari motherboard,kamu akan dengan gampang untuk mengetahui rincian wacana kompabilitas dari motherboard di website pabrik pembuatnya.

Jika Kamu  memakai motherboard Intel, maka motherboard mempunyai Socket 775 atau Socket 478. Yang pertama mempunyai pin yang pribadi terpasang pada motherboard itu sendiri.Sedangkan yang kedua, mempunyai lubang pada kawasan untuk memasukkan pin.Sekarang Kamu hanya perlu untuk memilih chip-set atau jenis chip yang disupport oleh motherboard. Periksa spesifikasinya,kamu sanggup mencari tahu di situs online dari pembuatnya.

Lebih rumit lagi ialah motherboard AMD lantaran mempunyai bermacam macam chip-set dari masing masing soket.Untuk menilik kompabilitas motherboard AMD,tidak ada pilihan lain selain merujuk ke situs web produsen.Hal lainnya ialah berkonsultasi dengan orang yang mengerti kompabilitas dari Motherboard AMD.

Belum ada Komentar untuk "Memeriksa Dan Menguji Motherboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel