Jenis Jenis Memori Pada Komputer

Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan banyak sekali subtipe .Memori ini dikategorikan tergantung pada tugasnya masing masing didalam sistem komputer. Namun, dalam artikel ini kita akan bahas bebrapa jenis memori komputer yang paling mendasar.

Memori yaitu salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer, baik itu komputer laptop atau PC. Ada banyak sekali jenis memori komputer yang sanggup dipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistim komputer.
Memori bekerjasama dengan banyak komponen yang bertugas untuk menyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan isu atau data di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan sanggup menemukan apapun yang diharapkan untuk diambil dan diproses.
 
Ada banyak sekali jenis memori di komputer yang ditujukan untuk kiprah menyimpan dari beberapa macam data. Masing-masing mempunyai kapasitas dan ciri khas tertentu.


Random Access Memory (RAM)
Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan banyak sekali subtipe  Jenis jenis Memori pada KomputerRAM yaitu memori dalam sistem komputer yang berkhasiat untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diharapkan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk. Informasi yang disimpan dalam RAM diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang bekerjasama dengan sistem operasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya  dipertahankan disaat komputer sedang berjalan.

Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akan semakin lambat. Data yang sanggup diambil dalam urutan yang acak.
Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Ketika banyak agenda pada komputer yang dijalankan secara bersamaan, virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bab memori  RAM yang belum dipakai terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakan menyerupai ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untuk menjalankan agenda yang berbeda.

Read Only Memory (ROM)
ROM yaitu Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan atau dimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak sanggup dirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogram dengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melakukan fungsi normal.

Cache
Cache yaitu jenis RAM pada sistem komputer yang lebih responsif daripada RAM biasa. CPU akan mengusut dulu didalam memori cache sebelum mencari di penyimpanan pada memori sentra untuk menentukan suatu isu yang diperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari isu pada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebih cepat.

Hardisk
Hardisk/ Hardrive  yaitu hardware yang berkhasiat sebagai kawasan penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna sanggup menentukan data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak dipakai mempunyai kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB sampai 500 GB.

Flash Disk
Flash Disk yaitu jenis memori penyimpanan portabel yang sanggup dipakai dengan nyaman kalau transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya sanggup dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk yaitu beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer.

Diatas yaitu beberapa jenis memori yang secara umum dipakai untuk memfasilitasi komputer dan kawasan penyimpanan data. Namun masih banyak subtipe dari jenis jenis memori yang kalau diurutkan akan sesuai dengan fungsi dan persyaratan yang dilayani.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Memori Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel