Jadikan Ayat Bangku Sebagai Benteng Pertahanan Diri


“Allah, tidak ada yang benar disembah hanya Dia yang Hidup dan Maha Kaya, tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur, bagi-Nya sesuatu yang ada di langit dan di bumi, tidak ada yang boleh memberi syafaat kecuali dengan izin Nya. Ia maha mengetahui segala apa yang terjadi di hadapan mereka dan dibelakang mereka. Tidaklah mereka mencakup ilmunya kecuali yang dikehendaki-Nya. Lebih luas kursinya dari langit dan bumi. Tidak susah bagi Nya memelihara keduanya. Ia Maha Tinggi dan Maha Besar.”

Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam ketika Rasulullah berhijrah. Menurut riwayat, ayat dingklik ini diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai pengantar, alasannya yakni kebesaran dan kemuliaannya. Kerajaan Iblis menjadi gempar alasannya yakni ada sesuatu yang menjadi perintang dalam usaha mereka menegakkan kejahatan.

Setelah mendapatkan ayat tersebut Rasulullah SAW segera memerintah kepada pencatat Al Alquran yaitu Zaid bin Tsabit semoga segera menulis dan menyebarkannya.

Ada terdapat 95 buah hadist yang menjelaskan faedah Ayat Kursi. Ayat ini dikenal dengan ayat dingklik alasannya yakni di dalamnya terdapat kata kursi, daerah duduk yang megah lagi yang memiliki Dzat yang Maha Memiliki Martabat dan Derajat. Yang perlu diperhatikan, tidak sempurna memaknai kata dingklik ini sebagai daerah duduk Tuhan. Makna yang lebih pas yakni syiar atas kebesaran-NYA.

10 MANFAAT
  1. Barang siapa yang membaca ayat Kursi dengan istikomah setiap kali tamat sembahyang fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk ke rumah atau ke pasar, setiap kali masuk ke daerah tidur dan musafir, insyaallah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan raja-raja (yang berkuasa di suatu wilayah) yang kejam, diselamatkan dari kejahatan insan dan kejahatan binatang. Terpelihara dirinya dan keluarganya, anak-anaknya, hartanya, rumahnya dari pencurian, kebakaran dan banjir, gempa bumi dan tragedi lainnya.
  2. Dalam kitab Ass’arul Mufidah, barang siapa yang mengamalkan ayat dingklik dengan membaca sebanyak 18 kali, Inysa Allah ia akan hidup dengan berjiwa tauhid, dibukakan dadanya dengan aneka macam hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan kepadanya imbas sehingga orang segan kepadanya, diperlihara dari segala tragedi dengan ijin Allah SWT.
  3. Salah seorang ulama Hindi mendengar dari salah seorang guru besarnya dari Abi Lababah r.a: membaca ayat Kursi sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari yakni benteng pertahanan Rasulullah SAW.
  4. Syaikh Abul ‘Abas al Bunni menerangkan: Barang siapa membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50 kali), di tiupkan pada air hujan lalu diminumnya, maka Insya Allah akan cerdas akalnya dan akan dipermudah pelajaran yang dihadapinya.
  5. Barangsiapa membaca ayat Kursi selepas sholat fardhu, Tuhan akan mengampunkan dosanya. Yang membacanya ketika akan tidur maka ia terpelihara dari gangguan setan, dan kalau membacanya ketika marah, maka akan hilang rasa marahnya.
  6. Syaikh al Buni menerangkan: barangsiapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170 huruf), maka Insya Allah, ia akan ditolong dalam segala hal dan ketika ia menunaikan segala hajat. Melapangkan pikirannya, diluaskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang diinginkannya.
  7. Barang siapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Tuhan mengutus dua malaikat penjaga yang menjaga selama tidurnya hingga pagi hari.
  8. Abdurohman bin Auf menunjukan bahwa, apabila masuk rumah dengan membaca ayat Kursi pada empat penjuru rumahnya maka akan diutus penjaga yang melindungi rumahnya dari setan yang terkutuk.
  9. Syaikh al Buni menerangkan: siapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia menciptakan garis bulat dengan menahan nafas sambil membaca ayat Kursi. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya ke dalam garis bulat tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak 50 kali, atau 170 kali, Insya Allah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan mengalahkannya.
  10. Dalam kitab Khawasul Qur’an dikatakan oleh Syaikh Kabir Muhyiddin Ibnul Arabi, barang siapa yang membaca ayat Kursi sebayak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Rasul, demi al Alquran yang mulia, Tuhan akan membukakan baginya hijab ruhani, apa yang dikehendakinya terkabul dan ia diberi derajat yang imbas yang tinggi di masyarakat.
Sumber : KWA


Share Artikel Ini:

Belum ada Komentar untuk "Jadikan Ayat Bangku Sebagai Benteng Pertahanan Diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel