Focal Lenght Dalam Fotografi

Vocal lenght yakni istilah yang dipakai untuk menyebut ukuran lensa  pada fotografi.
Istilah Vocal length dalam bahasa indonesia mungkin dapat diterjemahkan menjadi panjang vocal.Walaupun sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia,nampaknya pengertian dari vocal lenght masih belum nampak bagi yang belum mengenal fotografi.

Apakah vocal lenght dalam dunia fotografi?.

Biar simpel dimengerti,vocal lenght yakni jarak antara lensa dengan bidang sensor(focal) dimana gambar foto tersebut akan terbentuk.
Satuan ukuran panjang Focal length ini dinyatakan dalam besaran milimeter (mm),di dalam fotografi focal lenght di berikan lambang f.

Apa kegunaan dari focal length? 

Focal length inilah yang memilih berapa lebar sudut pandang pada lensa. Semakin pendek ukuran vocal lenght, maka makin lebar luas pandangan. Sebaliknya, semakin panjang focal length, makin sempit sapuan pandangannya.
Lensa yang memakai focal length pendek disebut dengan lensa wide angle.Lensa dengan ukuran vocal lenght pendek lebih cocok untuk mengambil gambar pemandangan yang luas diluar ruangan.
Dan lensa dengan focal length panjang disebut juga sebagai lensa tele.Lensa dengan focal length panjang (tele) ini lebih cocok untuk menangkap fokus obyek jarak jauh.

Sebagai pola kalau fotografer mengambil obyek pada jarak pemotretan yang sama. Jika beliau memakai lensa dengan focal length berukuran f20 mm, maka akan dapat mengambil pemandangan lain disekitar obyek. Akan tetapi kalau fotografer tersebut memakai lensa dengan vocal lenght f400 mm maka beliau hanya dapat memotret pada bab obyek utama saja.

Bentuk fisik lensa kamera

Dengan kemajuan lensa optik yang semakin modern,lensa kamera dengan vocal lenght lebih panjang belum tentu bentuk fisiknya juga sepanjang ukuran dari besaran vocal lenghtnya.Lensa kamera yang mempunyai spesifikasi 400mm belum tentu panjangnya secara fisik juga 400mm,bahkan dapat jauh lebih pendek.

Belum ada Komentar untuk "Focal Lenght Dalam Fotografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel