Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Seperti yang telah diajarkan ketika kita masih duduk disekolah menengah bahwa,bahan mineral tambang yang berasal dari fosil makhluk hidup yang diproses alam selama jutaan tahun lalu.Sehingga bisa disimpulkan bahwa materi bakar minyak dari fosil makhluk hidup tersebut tidak sanggup diperbaharui.Bahan yang berasal dari Minyak bumi tersebut diantaranya menyerupai bensin dan solar yang kita kenal sekarang.

Penggunaan materi bakar minyak selalu meningkat seiring dengan populasi kendaraan yang semakin pesat.Dan tidak jarang permasalahan BBM ini menimbulkan banyak polemik,karena ketersediaannya yang terus berkurang.
Bukan suatu yang mustahil bahwa Bahan Bakar yang berasal dari minyak bumi tersebut suatu ketika akan habis.Untuk itulah banyak andal dan produsen kendaraan beroda empat terus memikirkan tantang penggunaan materi bakar nonminyak bumi yang bisa diperbarui.
Selain ketersediaanya yang terus berkurang,bahan bakar alternatif wajin dipikirkan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan global tanggapan emisi kendaraan berbahan bakar minyak.
Seperti yang telah diajarkan ketika kita masih duduk disekolah menengah bahwa Bahan bakar alternatif pengganti Minyak Bumi
IMG Source flickr

Di Indonesia sendiri sudah banyak dilakukan penelitian ihwal penggunaan materi bakar non minyakbumi (hybrid),seperti penggunaan minyak jarak,metanol dsb.Namun materi bakar nonminyak yang sudah banyak digunakan yakni Gas Bumi (BBG),selain itu konversi penggunaan minyak sudah dilakukan ke elpiji.
GAs bukanlah materi bakar dari materi hybrida,namun ketersediaan gas ketika ini masih melimpah dan tergolong ramah lingkungan.

Berikut beberapa materi bakar alternatif pengganti minyak bumi.

Etanol atau juga dikenal dengan Metanol yakni varian dari alkohol.Etanol sanggup dihasilkan dari gas alam dan materi bibit unggul yang mengandung karbon.Penggunaan Metanol sebagai materi bakar alternatif cukup menjanjikan alasannya yakni hasil dari pembakaran mempunyai tingkat polusi rendah sehingga ramah lingkungan.

Hidrogen
Hidrogen dibentuk dengan cara memecah gas alam dan sumber daya lain yang mempunyai sifat sejenis. Sumber penghasil paling besar dari hidrogen yakni air.Jika suatu ketika teknologi untuk menciptakan hidrogen dari air sudah ekonomis, hidrogen bisa mempunyai potensi yang besar sebagai materi bakar di masa depan.
Namun penelitian untuk menghasilkan materi bakar alternatif dari hidrogen masih harus dilakukan.

Bio diesel
Biodiesel dibentuk dengan cara mengekstraksi banyak sekali macam jenis tanaman. Bahan mentah yang bisa diolah menjadi biodiesel sangat berlimpah.Biodiesel merupakan materi bakar alternatif yang tergolong mempunyai emisi rendah sehingga ramah lingkungan.
Penghambat besar untuk bisa mengolah materi menjadi minyak biodiesel yakni alat yang bisa mengekstrak energi dalam jumlah besar dari banyak sekali sumber.

Gas Alam
Gas alam yakni sumber materi bakar yang higienis alasannya yakni emisi yang dihasilkan dari pembakarannya sangat rendah. Gas alam bisa didapatkan eksklusif dari alam, dan ketersediaanya kini masih sangat besar.Emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin pengguna jauh lebih rendah dibandingkan dengan emisis dari pembakaran bensin atau solar.Penggunaan Gas alam sebagai materi bakar kendaraan sudah dilakukan, namun penggunanya masih sangat sedikit alasannya yakni belum sepenuhnya didukung oleh penyedia SPBU.

E85
E85 yakni jenis materi bakar yang kini ini sudah bisa digunakan sebagai alternatif pengganti bagi mesin bensin. E85 ini dibentuk dari adonan etanol yang lebih besar yaitu 85 persen dan sedikit bab bensin yaitu 15 persen.
Namun E85 masih kurang efisien bila dibandingkan dengan enggunakan materi bakar full bensin.Untuk jarak tempuh yang sama,pengguna E85 akan membutuhkan 2 kali lipat jumlah dari pada bila memakai bensin.Jadi diperlukan pengabdian tinggi terhadap lingkungan bila memakai B85 sebagai materi bakar kendaraan,karena tentunya emisi gas buang lebih rendah daripada bensin.

Saat ini dunia masih mengidap ketergantungan terhadap minyak bumi.Jika tidak dipikirkan mulai kini ketergantungan tersebut tidak akan sembuh.Namun perlu diingat sekali lagi bahwa materi bakar minyak bumi suatu ketika niscaya akan habis.Semakin cepat ditemukan materi bakar alternatif yang efektif,efisien dan murah merupakan masa depan yang cerah.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel