Jenis Jenis Hardware Pada Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer tidak hanya terdiri dari satu perangkat saja atau hanya satu jenis perangkat.Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang dirancang dengan sangat hati-hati dari banyak sekali komponen hardware yang berbeda (perangkat jaringan).Komponen komponen hardware ini akan bekerja secara bersahabat dengan menggunakan banyak sekali hukum protokol dan komunikasi.

Dari mulai jaringan untuk sebuah rumah tangga,jaringan skala menengah menyerupai di sekolah atau di mall hingga jaringan skala besar menyerupai pada perusahaan.Komputer terdiri dari banyak sekali macam bab perangkat keras, dengan beberapa standar dan beberapa lagi yang lebih langka dan komplit.

Jadi, apa saja jenis jenis hardware pada jaringan?

Baca terus pada artikel ini mengenai hardware pada jaringan komputer dan beberapa klarifikasi singkatnya.
Type perangkat kabel pada Jaringan kini semuanya mungkin sudah berganti dengan nirkabel. Tapi pada beberapa jenis koneksi masih harus dipergunakan dan harus ada pada suatu bab pada jaringan komputer.

Menghubungkan desktop ke router atau router ke modem, koneksi jenis tersebut masih selalu menggunakan kabel.Dan jenis kabel yang umum dipakai yakni CAT5 RJ-45. Sambungan kabel biasanya disebut sebagai lapisan fisik pertama dari perangkat jaringan,yang dipakai sebagai transfer sinyal atau data mentah dari satu ujung ke ujung yang lain.

NIC (Network interface cards)
NIC salah satu bab komponen yang paling penting dari sebuah jaringan komputer. NIC yakni bab dari hardware yang memungkinkan komputer untuk bisa diidentifikasi antara satu dan yang lain dalam jaringan.Hal ini akan memungkinkan komputer untuk bisa terhubung ke jaringan. Ia bekerja didalam lapisan fisik dan data link layer pada model OSI
Card ini menyediakan sirkuit yang diharapkan untuk menerapkan standar jaringan. Bentuk NIC yang paling umum dipakai yakni Ethernet.
Komputer model terbaru, baik itu desktop atau laptop mempunyai NIC yang sudah built-in pada  motherboard.Pada komputer model sebelumnya masih perlu ditambahkan NIC internal atau eksternal.
Laptop dengan built-in Wi-Fi mempunyai kemampuan NIC kabel dan nirkabel, namun pada sebagian besar desktop masih menggunakan koneksi kabel dan akan memerlukan adaptor nirkabel untuk bisa terhubung secara nirkabel.

Hubs
Hubs Menghubungkan lebih dari satu komputer ke perangkat jaringan pada tingkatan yang lebih tinggi menyerupai router akan sulit bila tidak mempunyai hub. Sebuah hub mengumpulkan banyak sekali perangkat melalui koneksi kabel dan mengelompokkan ke dalam segmen. Jadi, jaringan akan menganggap semua perangkat yang terhubung ke hub, sebagai salah satu segmen.
Ciri khas HUB memungkinkan untuk koneksi Ethernet kabel yang mempunyai setidaknya 4-5 port ,bisa juga untuk yang mempunyai 8, 12 port atau bahkan lebih.Diatas yakni perangkat yang sangat sederhana,tidak mengelola,memfilter maupun mempunyai fungsi yang lain, selain berfungsi  sebagai kawasan pengumpulan.

Modem 
Modem mempunyai kegunaan sebagai semacam konverter atau penerjemah. Hal ini memungkinkan data digital atau warta untuk ditransmisikan melalui sambungan transmisi analog menyerupai saluran telepon.
Kata "modem" merupakan campuran dari dua istilah transmisi, "memodulasi" dan "demodulasi", yang merupakan dua fungsi utama yang dilakukan. Sinyal digital dari komputer diubah ke dalam bentuk analog, dikirim melalui media analog dan kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk digital pada akseptor akhir.

Router 
Router bisa disebut sebagai ruang surat dari jaringan. Mereka mendapatkan paket data yang masuk,menangani dan menguraikan warta (dari mana warta akan masuk, dan di mana warta harus keluar) dan mengirimkannya dengan sesuai. Router intinya dipakai untuk administrasi kemudian lintas. Router berfungsi pada lapisan 3 dari model OSI.
Router jauh lebih cendekia daripada hub, yaitu sanggup menerapkan protokol keamanan, menunjukkan alamat IP, baik IP statis atau IP dinamis.Dan sanggup berfungsi dalam dua band, transmisi kabel dan nirkabel.
Ada jenis router yang berbeda menurut penggunaanya pada suatu wilayah, menyerupai pada rumah,penggunaan router ke router pada perusahaan kecil dan yang dipakai untuk fungsi routing yang lebih kompleks pada perusahaan besar.

Gateways
Gateways berfungsi sebagai titik pertemuan keluar masuk antara titik yang berbeda antara 2 jaringan,dan dengan protokol yang berbeda pula.
Misalnya pada jaringan A menggunakan satu protokol, Jaringan B menggunakan protokol yang lain. Sebuah komputer dari jaringan A ingin berkomunikasi dengan komputer dari jaringan B namun alasannya yakni perbedaan protokol, maka tidak sanggup berkomunikasi. Dalam hal ini bekerjsama sanggup menambahkan protokol B,namun ini akan menghasilkan proses tasking yang tidak benar benar efisien.
Ini sebaliknya dengan gateway,gateway akan menerjemahkan seruan dari komputer yang berada pada jaringan A  ke dalam bahasa B, dan kemudian menerjemahkan balasan dari bahasa B ke dalam bahasa A. Jadi, 2 komputer bisa  berkomunikasi tanpa adanya perubahan dalam protokol.
Gateway berfungsi pada semua lapisan dari model OSI, alasannya yakni sanggup melaksanakan konversi atau fungsi terjemahan.

Wireless Access Poin
Wireless Access Poin Sebuah titik kanal yang bertindak sebagai stasiun tengah pada jaringan, membantu dalam menambahkan lebih banyak pengguna. Terhubung ke jaringan, tetapi hanya bertindak sebagai pemancar dan akseptor sinyal jaringan, sehingga perangkat lainnya sanggup terhubung ke titik kanal dan pada gilirannya akan terhubung kepada jaringan utama. Contoh skenario untuk titik aksesnya yakni rumah besar, di mana router terletak di ruang bawah tanah. Jadi, lantai dasar masih bisa mendapatkan sinyal nirkabel tetapi lantai pertama tidak bisa, alasannya yakni rentang jaringan yang terbatas.Jalur kanal yang terhubung di lantai dasar akan mendapatkan sinyal nirkabel router dan memancarkan lagi untuk mencapai lantai pertama, yang bisa memungkinkan pengguna di lantai itu untuk mengakses jaringan yang asli.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, fitur dan spesifikasi dari perangkat diatas mungkin bisa berubah, atau perangkat itu sendiri mungkin sudah ketinggalan jaman. Tetapi untuk ketika ini,perangkat keras jaringan diatas masih tetap konstan.Setidaknya satu atau dua perangkat keras jaringan di atas masih bisa ditemukan dalam jaringan komputer sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Hardware Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel