Berita Timur Tengah Terkait Pertemuan Qatar Dengan Diplomat Senior AS



Berita Timur Tengah dari Sumber-sumber Taliban yang mengkonfirmasi pertemuan Qatar dengan diplomat senior AS. Para pejabat Taliban diam-diam bertemu seorang diplomat senior AS di Qatar pekan lalu, sumber-sumber dalam kelompok itu mengatakan kepada BBC. Pembicaraan tatap muka di Doha dengan Alice Wells, asisten sekretaris deputi departemen negara bagian, sangat penting, kata seorang pejabat Taliban. Berita tentang pertemuan itu mengikuti arahan dari administrasi Trump bagi para diplomat AS untuk berbicara langsung dengan kelompok militan Afghanistan. Taliban telah lama mengatakan bahwa hanya dengan AS mereka akan mendiskusikan perdamaian. Berita timur tengah terbaru actual seperti ini bisa anda akses di matamatapolitik.
Perbincangan secara langsung dengan gerilyawan yang tanpa melibatkan kehadiran pejabat Afghanistan, menandai perubahan besar dalam kebijakan Washington karena berusaha mengakhiri perang terpanjang Amerika. Itu datang setelah gencatan senjata tiga hari yang belum pernah terjadi sebelumnya selama perayaan Idul Fitri pada bulan Juni yang sebagian besar dihormati oleh kedua belah pihak. Ketika ada serangan saat itu, termasuk juga satu di pos pemeriksaan tentara daerah provinsi Badghis. Pertemuan itu pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal. Dua sumber senior Taliban membenarkannya kepada wartawan BBC Mahfouz Zubaide, di Kabul. Mereka mengatakan enam anggota delegasi dipimpin oleh Abbas Stanikzai, yang mengepalai kantor politik kelompok itu di Doha.
Departemen luar negeri AS telah mengkonfirmasi bahwa Ms Wells, dari Biro Asia Selatan dan Asia Tengah, berada di Qatar pekan lalu untuk bertemu pejabat pemerintah dan berbicara tentang proses perdamaian Afghanistan tetapi tidak mengkonfirmasi atau menolak pertemuan Taliban. Seseorang pejabat Taliban mengisyaratkan perundingan itu adalah diskusi awal untuk membentuk jaringan antara kelompok itu dan pejabat senior AS menjelang pertemuan lebih lanjut. Tidak akan memberikan rincian lebih lanjut. Pejabat lainnya mengatakan kepada kantor berita Reuters: "Kami sepakat untuk bertemu lagi segera dan menyelesaikan konflik Afghanistan melalui dialog". Ada laporan bahwa dua pertemuan lain telah terjadi tetapi ini tidak dapat dikonfirmasi.
Taliban dilaporkan telah bersikeras bahwa tidak ada pejabat Afghanistan yang hadir pada pertemuan dengan Ms Wells. AS sebelumnya telah menegaskan bahwa para pejabat Afghanistan harus menjadi bagian dari pembicaraan damai. AS menginvasi Afghanistan pada tahun 2001 setelah serangan 11 September, mengusir Taliban dari kekuasaan dan mengatur panggung politik untuk sesuatu yang telah berubah menjadi konflik 17 tahun. Presiden Donald Trump kembali berkomitmen AS untuk perang dalam strategi baru tahun lalu, dan meningkatkan serangan udara terhadap militan untuk mencoba memaksa mereka ke meja perundingan. Hal-hal kondisi politik Berita Timur Tengah bisa kita akses di matamatapolitik.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Timur Tengah Terkait Pertemuan Qatar Dengan Diplomat Senior AS"

Posting Komentar