Tips Merawat Kain Print agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Kain Print agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Kain Print agar Tidak Mudah Rusak 

Kain hasil teknik print memang hasilnya lebih bagus daripada sablon. Banyak orang yang beralih pesan ke jasa print kain untuk membuat kaos, goody bag, atau aksesoris. Namun perawatan yang salah akan membuat kain print cepat rusak. Berikut cara yang tepat untuk merawat kain print.

1. Jangan Direndam Terlalu Lama 
Kain print tidak bisa direndam terlalu lama. Anda tidak boleh merendam lama kain yang baru saja jadi lebih dari 30 menit. Sedangkan untuk kaus print tidak boleh lebih dari 1 jam. Selain itu, jangan memakai terlalu banyak deterjen. Warna print akan cepat pudar jika terkena deterjen banyak. Biasanya anjuran ini sudah diberitahukan oleh jasa print kain yang Anda gunakan.

2. Memisahkan Cucian
Hal ini tidak hanya berlaku untuk kain biasa, tetapi juga kain print. Anda tidak boleh mencampur saat mencuci, terutama yang berwarna kuat seperti hitam, biru, merah dengan kain lainnya yang berwarna putih atau warna pasta. Tujuannya agar tidak ada kontaminasi warna jika salah satu luntur. Pisahkan juga pakaian yang tidak terlalu kotor dengan yang kotor agar noda tidak berpindah.

3. Jangan Menyikat Kain Print 
Kain print biasanya dibuat dari bahan cotton yang sifatnya tipis. Jika Anda menyikat kain ini, maka dengan sekali sikat bisa menyebabkan kerusakan. Jangan mencuci dengan perasan yang terlalu kuat hingga merusak pori-pori baju.

4. Jamur Terbalik Saja 
Sinar matahari yang kuat bisa menyebabkan kerusakan pada kain. Warna kain print akan cepat pudar jika terkena sinar matahari. Sehingga Anda perlu untuk menjemurnya dalam keadaan terbalik. Bagian luar dan dalam dibalik. Jemur bagian dalam yang terkena sinar matahari.

5. Jangan Memakai Pemutih 
Anda harus menghindari pemakaian pemutih. Bahan ini akan membuat pori-pori kain rusak dan kain cepat rusak. Selain itu kain mudah luntur dan terkelupas.

6. Hindari Mencuci dengan Mesin Cuci 
Sebaiknya kain print dicuci dengan cara manual. Penggunaan mesin cuci mengakibatkan kain menjadi melar, sablon cepat rusak dan pori-pori kain menjadi kasar. Dalam mesin kain akan menerima tekanan yang kuat sehingga terjadi tarikan yang bisa mengakibatkan cepat rusak.

7. Setrika 
Memang untuk mendapatkan kain yang licin harus menggunakan setrika. Setrika bisa membuat kain kita jadi rapi dan lurus. Namun, terlalu sering setrika tidak bagus untuk kain jenis print. Hal ini dapat membuat kain cepat rusak. Ketika Anda setrika posisikan setrika agar tidak terlalu panas. Jika Anda membeli kain dari jasa print kain murah dan memang punya banyak, maka boleh saja Anda setrika beberapa saja untuk mencoba hasilnya.

Anda boleh saja punya kain print yang bagus dan boleh saja cetak di jasa print kain yang berkualitas. Namun jika perawatan tidak maksimal, kain tersebut akan cepat rusak. Sebaiknya Anda menyeimbangkan dengan perawatan yang sesuai jenis kain yang dimiliki agar bisa tahan lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Kain Print agar Tidak Mudah Rusak "

Posting Komentar