Tugu Kujang, Objek Wisata dan Simbol Kota Bogor

Tugu Kujang

Kota Bogor, kota yang berada di selatan dari ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Kota yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini memiliki julukan kota hujan karena memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Dengan kondisi seperti itu maka Kota Bogor memiliki iklim yang cukup segar. Memiliki udara yang cukup segar, membuat Kota Bogor sering dikunjungi oleh warga ibukota, terutama di akhir pekan atau masa liburan panjang.

Ada banyak objek wisata menarik di Kota Bogor yang juga menarik para turis. Kebun Raya Bogor, tempat wisata yang berada di pusat kota dan menjadi salah satu ikon Kota Bogor.

Kebun Raya Bogor memiliki banyak jenis tumbuhan dan pohon yang membuat objek wisata ini begitu asri dan indah. Pada masa liburan, objek wisata ini akan ramai dikunjungi.

Kebun Raya Bogor berada dalam lahan yang luas. Objek wisata ini bersebelahan dengan Istana Bogor. Selain itu, objek wisata ini dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan.

Plaza Bogor, Botani Square, Hotel Salak serta hotel-hotel lainnya adalah beberapa tempat yang dekat dengan Kebun Raya Bogor.

Tapi ada satu lagi ikon yang berada dekat dengan Kebun Raya Bogor. Meski bukan merupakan objek wisata seperti Kebun Raya Bogor tapi tetap menjadi kebanggaan warga Kota Bogor.

Apa itu?

Jika Anda masuk ke Kota Bogor melalui Jalan Tol Jagorawi maka Anda akan melihatnya. Jika ibukota Indonesia, Jakarta, memiliki Tugu Monas maka Kota Bogor memiliki Tugu Kujang.

Meski tidak seperti Tugu Monas yang menjulang tinggi serta bisa dinaiki pengunjung untuk melihat sekeliling Kota Jakarta, Tugu Kujang hanya berupa tugu yang menjadi simbol Kota Bogor.

Tinggi tugu ini sekitar 25 meter dengan luasnya sekitar 26 x 23 meter. Tugu Kujang berada di lokasi strategis karena berada diantara Jalan Raya Pajajaran dan Jalan Otista.

Penamaan kujang berdasarkan situs ensiklopedia online terkemuka, berasal dari nama sebuah senjata pusaka tradisional etnis Sunda dimana konon memiliki keistimewaan dan kekuatan gaib.

Kujang sejak zaman Kerajaan Pajajaran sudah dikenal masyarakat dan digunakan sebagai alat pertanian. Pergeseran fungsi dan makna membuat Kujang berubah secara bertahap menjadi simbolik dan sakral seperti yang kita kenal saat ini.

Tugu Kujang didirikan pada tanggal 4 Mei 1982 pada masa pemerintahan Walikota Achmad Sobana.

Kini di sekeliling tugu ini terdapat hotel dan pusat perbelanjaan serta trotoar yang dipercantik dan diperluas. Pusat Kota Bogor pun kini memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan.


Hotel Bintang 5 di Bogor

Kenyamanan para wisatawan yang datang ke Kota Bogor akan bertambah karena adanya keberadaan hotel-hotel, dari hotel bintang 3 hingga hotel bintang 5 di Bogor.

Keberadaan hotel-hotel itu tentu bermanfaat bagi para wisatawan karena mereka bisa memilih tempat penginapan yang dekat dengan tempat tujuan wisata.

Kini dengan adanya sistem satu arah lalu lintas di sekitar Kebun Raya Bogor membuat masyarakat pegguna jalan akan semakin sering melewati Tugu Kujang ini.

Kemungkinan besar warga Bogor atau masyarakat pengguna jalan dari mana saja yang berjalan-jalan di Kota Bogor akan sering melewatinya. Misalnya, Anda dan keluarga yang masuk ke Bogor via Ciawi lalu ingin menuju tempat kuliner di Jalan Suryakencana maka akan melewati tugu ini.

Memang para turis yang akan berlibur di Kota Bogor tak perlu memilih hotel di pusat Kota Bogor. Objek wisata Taman Safari Indonesia adalah salah satu yang tidak berada di pusat Kota Bogor, melainkan dekat dengan kawasan wisata Puncak.

Kota Bogor yang berada di kaki pegunungan tentu memberikan kesejukan tersendiri. Beristirahat dan bermalam di hotel yang dekat dengan kawasan ini akan menyenangkan.

Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf merupakan salah satu hotel yang berada relatif dekat dengan kawasan wisata di Puncak, Bogor. Hotel bintang 5 di Bogor ini menyediakan kamar-kamar yang dilengkapi TV layar datar, ketel, dan kamar mandi pribadi.

Layanan-layanan dan fasilitas-fasilitas lain hotel bintang 5 di Bogor ini, antara lain akses internet gratis, resepsionis 24 jam, restoran, dan masih banyak lagi.

Bagi yang menggemari olahraga golf, tersedia lapangan golf yang bisa dimanfaatkan para tamu hotel.
Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia pada hotel bintang 5 di Bogor ini akan membuat kenyamanan dan ketenangan selama berlibur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugu Kujang, Objek Wisata dan Simbol Kota Bogor"

Posting Komentar