5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Hidung


Bagi Anda yang seorang Muslim, menjaga kesehatan hidung, telinga, dan tenggorokan (THT) secara otomatis dilakukan saat berwudhu. Terutama hidung yang berfungsi sebagai alat pernafasan dan indera penciuman. Air yang dihirup lalu dikeluarkan kembali, mampu membersihkan lendir maupun kotoran kering yang menempel di rambut halus dalam hidung Anda.
Seperti halnya gigi yang masih perlu disikat, hidung sebagai gerbang pertahanan pertama dalam sistem pernafasan pun memerlukan cara pembersihan dan perawatan lainnya. Termasuk pencegahan terhadap kontaminasi debu dan zat asing lainnya. Berikut ini 5 cara mudah untuk menjaga kesehatan hidung yang dapat Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membiasakan Mencuci Tangan dengan Sabun
Langkah termudah agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang hidung dan sinus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, karena mungkin Anda seringkali tanpa sadar membersihkan kotoran hidung dengan jari tangan. Jika gatal, sebaiknya dibersihkan dengan handuk atau kain bersih dan basah.

2. Memenuhi Asupan Cairan dan Gizi dalam Tubuh
Organ sinus dan hidung memerlukan kondisi lembapan tertentu agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu upaya menjaga kelembapannya yaitu dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Langkah ini juga membuat hidung terhindar dari serangan kuman dan infeksi penyakit berbahaya.

3. Melindungi Hidung dari Debu dan Polusi
Penggunaan masker di tempat-tempat yang banyak mengandung debu maupun saat sedang berkendara, merupakan langkah tepat untuk mencegah debu dan polusi masuk ke hidung. Untuk Anda yang memiliki alergi serbuk sari atau rambut binatang, menyimpan masker di dalam tas merupakan langkah yang sangat dianjurkan.

4. Menjaga Kebersihan dan Kelembapan Udara
Keberadaan ventilasi sangat penting karena dapat menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Udara yang terlalu kering menyebabkan organ sinus menjadi kering, sedangkan jika terlalu lembap (di atas 60%), dapat meningkatkan pertumbuhan kuman dan jamur Tingkat kelembaban udara yang baik adalah 40-50% persen. Anda dapat menggunakan humidifier maupun vaporizer untuk hal tersebut.

5. Membersihkan Hidung dengan Air Garam
Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan garam hangat dapat membantu menurunkan resiko infeksi maupun masalah kronis hidung lainnya. Air garam (saline) ini dapat Anda buat sendiri atau beli di apotek. Bedakan semprotan hidung yang berisi air garam dengan yang mengandung dekongestan. Penggunaan jaka panjangnya dapat menyebabkan beberapa efek samping tertentu.
Hidung memang diciptakan lengkap dengan rambut halus dan lendir untuk menangkap dan mengusir debu, polusi, maupun kuman. Kombinasi ketiganya mampu menciptakan kelembapan dan temperatur udara yang sesuai sebelum dihirup menuju saluran pernapasan. Nah, selain memiliki sistem pertahanan sendiri, tak ada salahnya mempraktikkan tips mudah menjaga kesehatan hidung tersebut mulai dari sekarang.

Baca artikel "cara membuat web"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Hidung"

Posting Komentar